Teks Pidato Islami, Struktur Dan Contohnya. Mudah Dan Praktis

Teks Pidato Islami, Struktur Dan Contohnya. Mudah Dan Praktis

bila Anda datang ke sini untuk belajar tentang teks pidato islami, Anda datang ke tempat yang tepat. Anda akan belajar struktur pidato Islami dalam artikel ini. bukan hanya itu, penulis juga menyajikan beberapa contohnya. Jadi, Anda bisa mempelajarinya dengan tenang.

Kemampuan berpidato termasuk salah satu skill (keterampilan) penting yang harus dimiliki seorang siswa. Saat mereka mampu menyampaikan materi pidato dengan baik, terstruktur dan terarah mereka telah mengusai skill publik speaking yang berpotensi mendapat bayaran mahal.

Bukan hanya bayaran mahal tetapi mereka bisa mengajarkan ilmu pengetahuan yang mereka miliki pada orang lain dengan mudah. Salah satu problem ilmu pengetahuan adalah banyak orang pandai tapi mereka tak punya kemampuan menyampaikan ilmu dan pengetahuan yang mereka miliki dengan struktur yang rapi sehingga mudah dipahami pendengarnya.

Anda ingin mampu pidato dengan baik? Simak pembahasan dan contohnya dalam artikel ini.

bila Anda ingin bisa membuat teks pidato islami, Anda perlu tahu strukturnya lebih dulu. Struktur teks pidato Islami sangat sederhana. Strukturnya terdiri dari:

Yuk, kita kupas satu persatu.

Pembukaan ini biasanya membahas tentang sesuatu yang sangat menarik dan urgent (penting) untuk di dengar oleh audience. Sehingga ketika mereka mendengar pembukaan ini, mereka akan tertarik dan semangat untuk mendengarkan pidato hingga selesai. Kata kunci kesuksesan seorang pembicara adalah seberapa mampu dia menghadirkan pembukaan yang menarik dan berkesan.

Sebagaimana sebuah iklan mengatakan, “Kesan pertama begitu menggoda. Selanjutnya terserah Anda”. Bila pembicara mampu menghadirkan sesuatu yang tak biasa, tentu pendengar akan terkesima dan berminat mendengar hingga selesai.

Isi pidato adalah nilai-nilai yang disajikan dalam pidato. Sehingga pendengar mampu menangkap manfaat dan memperoleh pencerahan dari materi pidato yang mereka dengar. Isi pidato tak boleh menggurui apalagi menghakimi. Tetapi isi pidato mengandung nasehat dan pengingat diri.

Dalam momen penutup pidato ini, seorang pembicara perlu menyampaikan intisari, ringkasan dari pidato yang disampaikan selama beberapa menit sebelumnya. Sehingga pendengar bisa mengambil kesimpulan atas materi pidato yang mereka sampaikan. Dalam penutup ini pembicara menyampaikan klimaks topik yang mereka sampaian sehingga pendengar bisa memetik hikmah dari materi yang disampaikannya.

Memiliki pemahaman teori dasar dan struktur teks pidato saja tidak cukup. Anda perlu belajar bagaimana menyajikan pidato yang bagus, berkesan, berkualitas dan bermanfaat bagi pendengarnya.

Berikut penulis sajikan beberapa contoh teks pidato Islami yang bisa Anda duplikasi bila ada tugas dari sekolah:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Bapak ibu guru yang mulai dan sahabat-sahabatku yang berbahagia

Izinkan saya berdiri di sini untuk menyampaikan tentang “Betapa pentingnya ilmu dalam agama Islam”.

Islam sangat menghargai orang yang berilmu. Orang yang berilmu memiliki derajat yang tinggi dan mulia disisi Allah. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Al Quran yang berbunyi:

“Allah akan mengangkat derajat orang yang berilmu di antara kamu dan meninggikan derajatnya beberapa derajat”.

Orang yang berilmu, tentu berbeda dengan orang yang tidak berilmu. Mereka jauh lebih dekat dengan Allah, dekat kepada makhluk Dan dekat kepada manusia.

Kemuliaan ilmu bukan semata-mata karena ilmu itu sendiri tetapi karena ilmu dipelajari untuk diamalkan. Seorang muslim yang mulia bukan semata-mata muslim yang rajin belajar dan memiliki ilmu yang banyak. Tetapi seorang muslim yang mulia adalah seorang muslim yang punya ilmu dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga ilmunya mampu mendengar dirinya dan menyelamatkannya dari kobaran api neraka.

Demikian materi pidato yang bisa saya sampaikan tentang pentingnya ilmu dalam agama Islam. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk pendengar sekalian.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

Bapak Ibu guru yang saya hormati, sahabat-sahabat sekalian yang saya cintai.

Izinkan saya berdiri di sini untuk menyampaikan pidato tentang “Cinta tanah air dalam Islam”.

Tahukah kalian bahwa Islam adalah agama yang menjunjung tinggi kemerdekaan, kebebasan beragama dan kebebasan berpikir. Termasuk kemerdekaan bangsa dan negara. Ketika ada penjajahan, maka Islam sangat menganjurkan pemeluknya untuk berjuang demi kemerdekaan. Penjajahan adalah contoh nyata dari penguasaan manusia atas manusia yang lainnya. Dan ini sangat bertentangan dengan ajaran agama Islam.

Sebagai warga negara, kita harus cinta tanah air. Salah satunya karena kita hidup, tumbuh, berkembang di Indonesia. Ada banyak contoh cinta tanah air yang bisa Anda wujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, bila Anda seorang siswa, pelajar, Anda bisa belajar dengan serius dan sungguh-sungguh. Sehingga Anda berhasil meraih prestasi dan membanggakan keluarga dan bangsa.

Bagi seorang siswa, bentuk nyata dari mengisi kemerdekaan adalah belajar. Maka, saat Anda belajar dengan serius dan sungguh-sungguh. Anda telah mengisi kemerdekaan bangsa ini dengan cara yang benar.

Demikian materi pidato tentang cinta tanah air yang bisa saya sajikan kepada Anda. Semoga apa yang saya sajikan ini bermanfaat dan memberi pencerahan.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Bapak Ibu dewan guru yang berbahagia, sahabat-sahabatku yang tercinta dan aku banggakan.

Izinkan saya berdiri di sini dalam rangka untuk menyampaikan pidato tentang “Pentingnya akhlak bagi remaja di dalam agama Islam”.

Akhlak adalah salah satu pilar dasar yang harus dimiliki oleh seorang muslim. Orang yang punya akhlak mulia, lebih mulia dalam agama Islam daripada orang yang punya harta, punya jabatan tinggi dan rupawan.

Allah tak melihat seseorang dari bentuk fisiknya, harta yang mereka miliki,  jabatan yang mereka emban. Namun, Allah menilai seseorang dari hati dan amal perbuatannya.

Banyak orang menganggap bahwa orang sukses adalah orang yang memiliki harta melimpah, hidupnya enak atau memiliki jabatan tinggi. Anggapan ini tak selalu benar. Kebahagiaan seseorang tidak diukur dari seberapa banyak harta yang mereka miliki, seberapa tinggi jabatannya tetapi kebahagiaan seseorang dinilai dari seberapa bermanfaat mereka bagi orang lain dalam kehidupan.

Jadi, barometer kesuksesan seseorang hanya diukur dari kemuliaan akhlak, seberapa besar manfaat yang bisa mereka berikan pada orang lain. Semakin besar manfaat yang bisa kita berikan kepada orang lain, maka sebenarnya kita adalah orang yang bermanfaat dan berguna bagi orang lain.

Demikian materi yang bisa saya sampaikan tentang pentingnya menjaga akhlak mulia bagi seorang muslim. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat.

Saya akhiri, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pidato termasuk salah satu skill (keterampilan) berbicara yang perlu Anda miliki. Guru bahasa Indonesia sering memberikan materi pidato ini pada siswa dan peserta didiknya. Salah satu jenis pidato yang bisa Anda pelajari adalah teks pidato Islam. Awal awal artikel ini, penulis menyajikan struktur teks pidato islami. Struktur ini akan memandu Anda membuat teks pidato yang mudah dan gampang masuk dalam pikiran dan benak pendengarnya. Sehingga pidato yang Anda sampaikan lebih banyak berdampak pada kehidupan mereka.

Semoga artikel yang penulis sajikan ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Posting Teks Pidato Islami, Struktur Dan Contohnya. Mudah Dan Praktis .


Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Teks Pidato Islami, Struktur Dan Contohnya. Mudah Dan Praktis

04 min