Teknologi Untuk Mengumpulkan Data

Teknologi Untuk Mengumpulkan Data

Pesatnya perkembangan teknologi yang ada saat ini memungkinkan bagi seseorang atau perusahaan untuk mengumpulkan data dengan fleksibel dan realtime. Dimana banyak teknologi untuk mengumpulkan data dimanfaatkan untuk mendapatkan data secara kontinyu dan otomatis.

Secara harfiah teknologi untuk mengumpulkan data dengan kontinyu dan otomatis di definisikan sebagai berikut; Kontinyu artinya data direkam secara terus menerus sedangkan otomatis berarti data direkam oleh perangkat tertentu, masuk ke dalam sistem dan disimpan diruang penyimpanan tanpa intervensi dari seseorang.

Terdapat banyak perangkat atau teknologi untuk mengumpulkan data yang tersedia tanpa intervensi pengguna. Berikut merupakan contoh teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan data, antara lain :

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengumpulkan data yang berkembang pesat dalam 10 tahun terakhir diberbagai negara adalah online/ web dan mobile survey. Teknologi ini digunakan untuk mendapatkan tanggapan, pemikiran, keinginan atau kebiasaan subyek yang disurvei melalui halaman web atau aplikasi mobile.

Proses ini dilakukan dengan cara mengundang orang-orang tertentu atau sampel yang dipilih untuk mengisi formulir survei yang terdapat di internet atau aplikasi mobile. Dengan begitu proses pengumpulan data menjadi lebih mudah dibandingkan dengan survei konvensional.

Pelacakan GPS merupakan proses pengumpulan data dengan melacak dari merekam posisi orang atau benda secara real time. Data pelacakan digunakan untuk berbagai keperluan.

Teknologi pelacakan web bekerja seperti halnya cookies yang memungkinkan peneliti memantau aktivitas seseorang ketika sedang melakukan aktivitas online. Hal-hal yang dipantau yaitu halaman web apa yang dikunjungi, lama waktu yang digunakan, link apa yang diklik dan sebagainya.

Chatbot merupakan teknologi berupa program yang dilengkapi teknologi kecerdasan buatan yang menggunakan pemrosesan bahasa natural untuk dapat melakukan percakapan dengan penggunanya.

Functional magnetic resonance imaging (FMRI) adalah teknologi yang digunakan untuk memonitor perubahan dan respon dari bagian-bagian tertentu otak ketika mendapat berbagai stimulus. Hal tersebut dilakukan dengan mempelajari aliran darah di dalam otak.

Teknik lain yang digunakan untuk mempelajari aktivitas kelistrikan otak dan respon emosi terhadap materi marketing adalah electroenchepalogram (EEG). Kedua teknik ini telah digunakan untuk mempelajari perilaku investor finansial dan keputusan finansial.

Ketika tubuh atau pikiran manusia mendapatkan stimulus, tubuh akan mengalami reaksi kimia tertentu yang akan menghasilkan sinyal listrik dikulit akibat dari reaksi kimia tersebut. Sinyal ini disebut GSR. Metode ini memberikan keuntungan karena dapat menghilangkan bias persepsi dalam mengukur emosi aktual terhadap stimulus tertentu.

Teknologi eye tracking memiliki kemampuan untuk menelusuri gerakan mata subyek yang diteliti secara real time. Dalam merekam dan mempelajari data dari apa yang dilihat seseorang dan menarik perhatian mereka, hal ini akan membantu orang-orang yang bekerja pada bidang periklanan, desain web, dan desain produk.

Saat ini media sosial telah menjadi tempat interaksi antara pengguna dengan topik tertentu. Bagi beberapa pihak data interaksi tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan tertentu.  Data pengguna interaksi di media sosial dapat direkam dengan menggunakan teknologi crawler yang akan merekam interaksi pengguna terhadap topik-topik tertentu.

Salah satu cara merekam data yang paling umum ditemukan adalah melalui data transaksi. Teknologi ini dapat ditemukan di transaksi-transaksi yang dilakukan melalui halaman web toko online atau market place, serta di aplikasi yang ada di toko konvensional.

Pada teknologi ini data pelanggan dan data transaksi akan direkam melalui tampilan sistem transaksi yang digunakan. Data akan disimpan ke dalam basis data perusahaan.

Beberapa sistem yang digunakan untuk aplikasi teknologi tertentu dengan perangkat yang digunakan sebagai reader. Reader tersebut digunakan untuk menangkap data kemudian mengirimkan data tersebut ke dalam sistem. Contohnya barcode reader yang digunakan untuk membaca barcode disupermarket dan tempat-tempat lainnya.

Teknologi IoT memungkinkan berbagai perangkat terhubung dengan jaringan sehingga dapat dimonitor dan dikendalikan dari jarak jauh. Kondisi perangk00at direkam menggunakan berbagai sensor sesuai kondisi yang ingin dipantau.

 

Teknologi Untuk Mengumpulkan Data - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Teknologi Untuk Mengumpulkan Data

02 min