Surat Izin Tempat Usaha

Surat Izin Tempat Usaha

Setiap pelaku usaha tentunya harus memiliki sebuah tempat yang digunakan untuk menjalankan bisnis atau usaha tersebut. Tempat usaha seperti kantor, perusahaan, atau bangunan usaha lainnya harus memiliki .

Dengan adanya SITU, bangunan tempat usaha tidak bisa digusur secara paksa karena sudah legal dan sah di mata hukum. Simak ulasan berikut untuk mengetahui prosedur pembuatan :

SITU adalah sebuah surat resmi mengenai perizinan tempat usaha yang dikeluarkan oleh badan hukum setempat untuk diberikan kepada perorangan, perusahaan, atau badan usaha yang menjalankan suatu bisnis atau usaha tertentu.

SITU bertujuan agar pelaku usaha bisa mendapatkan tempat usaha sesuai dengan tata ruang wilayah yang dibutuhkan dalam rangka penanaman modal usaha. Dengan adanya SITU, pelaku usaha akan mendapatkan izin dan lebih aman, sehingga terhindar dari kerugian dan gangguan dari pihak lain.

Peraturan mengenai pembuatan SITU ini bersifat wajib dan harus dipatuhi oleh semua pelaku usaha tanpa terkecuali. Peraturan mengenai SITU ini dilandaskan pada hukum yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda).

Di dalam Peraturan Daerah (Perda) tersebut akan diatur mengenai sistem atau prosedur untuk mendapatkan SITU, dan berbagai informasi lainnya yang berkaitan dengan perizinan pendirian tempat usaha.

Selain SITU, pelaku usaha juga harus Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP. Berbeda dengan SITU berkaitan dengan aturan tentang lokasi tempat usaha dan tata ruang di wilayah tersebut, SIUP memuat perizinan tentang kegiatan usahanya yang berkaitan dengan perdagangan barang atau jasa.

Pihak yang berwenang mengeluarkan SIUP yaitu Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota atau wilayah sesuai lokasi tempat usaha didirikan. Kedua surat ini wajib dimiliki pelaku usaha agar usaha yang dijalankan dan tempat usaha yang didirikan tidak dianggap ilegal.

Mengingat pentingnya SITU bagi para pelaku usaha yang akan mendirikan tempat usaha, berikut ini prosedur atau tata cara untuk mengurus pembuatan SITU:

Setelah memahami prosedur atau tata cara mengurus SITU, berikut ini beberapa dokumen yang harus dipersiapkan sebagai syarat administrasi untuk membuat SITU:

Selain persyaratan di atas, ada beberapa syarat khusus lainnya yang harus dipenuhi untuk mendapatkan SIUP (Surat Izin Tempat Usaha) antara lain sebagai berikut:

Apabila pelaku usaha sudah memiliki SITU dan ingin memperpanjangnya, maka syarat yang dibutuhkan. Syarat memperpanjang SITU yaitu fotokopi SITU lama, SPPT dan STTS PBB tahun terakhir, fotokopi IMB, akta pendirian usaha (khusus PT), dan surat keterangan domisili usaha.

Jika semua syarat dan prosedur pembuatan SITU telah dipenuhi, maka untuk masa penyelesaian pembuatan SITU baru biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 hari kerja. Begitu pula dengan proses perpanjangan SITU juga membutuhkan waktu sekitar 5 hari kerja.

Posting Surat Izin Tempat Usaha .


Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Surat Izin Tempat Usaha

02 min