Sinyal dan Modulasi Pada Transmisi Data

Sinyal dan Modulasi Pada Transmisi Data

Transmisi data merupakan suatu proses pengiriman data dari sumber data ke suatu penerima data menggunakan media komputer ataupun elektronik. Dalam prosesnya transmisi data memerlukan media transmisi serta sinyal dan prosedur modulasi. Lalu apakah itu sinyal dan modulasi pada transmisi data?

Sinyal

Sinyal merupakan gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk mentransmisikan data atau informasi dari suatu tempat ke tempat lainnya. Sinyal juga dapat diartikan sebagai kode yang mengandung informasi. Sinyal dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu sinyal analog dan sinyal digital.

Sinyal analog merupakan sinyal dalam bentuk gelombang yang kontinyu. Sinyal analog memiliki bentuk seperti sebuah gelombang dan membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang tersebut.

Sinyal digital merupakan sinyal dalam bentuk pulsa yang bersifat diskrit yang ditransmisikan dalam bentuk bit bit biner 0 dan 1. Sinyal digital memiliki nilai-nilai diskrit untuk setiap titik samping pada data.

Modulasi

Sebelum ditransmisikan sinyal dan data terlebih dahulu digabungkan dengan menggunakan suatu metode yang disebut dengan modulasi. Dengan demikian modulasi merupakan penggabungan bentuk sinyal data dan sinyal pembawa untuk mentransmisikan informasi.

Modulasi bertujuan agar proses transmisi menjadi efisien dan meminimalisir dari gangguan noise. Modulasi dibagi menjadi dua yaitu modulasi analog dan modulasi digital.

Modulasi analog, merupakan proses modulasi data analog yang berfrekuensi rendah dengan sinyal yang berfrekuensi lebih tinggi. Modulasi analog dibagi beberapa jenis, antara lain :

Modulasi Digital, merupakan proses pengubahan parameter sinyal pembawa sebagai fungsi dari suatu keadaan diskrit dari sinyal data yang akan ditransmisikan. Modulasi digital menggunakan teknik dasar yang berbasis “keying”.

Keying merupakan teknik modulasi dimana salah satu nilai-nilai yang telah ditentukan diambil oleh sinyal data. Tujuan dari modulasi digital ini yaitu untuk mentransmisikan sinyal digital melalui saluran analog. Modulasi digital dibagi beberapa jenis antara lain :

Sinyal dan Modulasi Pada Transmisi Data - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Sinyal dan Modulasi Pada Transmisi Data

01 min