Sejarah Hari Perdamaian Internasional

Sejarah Hari Perdamaian Internasional

Setiap manusia yang ada di bumi ini pasti menginginkan kehidupan yang tenang, aman, damai, dan tentram. Tanpa adanya perselisihan, konflik, apalagi perang seperti yang melanda beberapa negara belakangan ini. Tapi tahukah kamu bahwa organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan bahwa tanggal 21 September sebagai Hari Perdamaian Internasional (World Peace Day)?

World Peace Day atau Hari Perdamaian Internasional diperingati setiap 21 September. Peringatan ini diadakan untuk perdamaian dunia, berakhirnya perang, dan kekerasan yang ada di dunia. Majelis umum PBB menyatakan bahwa peringatan ini dapat meningkatkan perdamaian dan mengadakan 24 jam anti kekerasan dan gencatan senjata.

Pada Hari Perdamaian Internasional, Lonceng Perdamaian PBB di Markas Besar PBB, New Yorkakan berdentang, hal ini dilakukan untuk membuka Hari Perdamaian Internasional. Lonceng ini memiliki tulisan “Long Live Absolute World Peace” atau panjang umur perdamaian dunia sepenuhnya.

Sejarah Hari Perdamaian Internasional

Sejarah Hari Perdamaian Internasional pertama kali digagas oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memperkuat perdamaian dunia dan mengurangi peperangan. Momen ini masuk ke dalam Resolusi Nomor 55/282 Tahun 1991.

Namun, peringatan ini pertama kali digelar pada tahun 1982. Saat itu, beberapa negara, kelompok militer, politik, dan masyarakat merayakan Hari Perdamaian Internasional. Lalu, pada tahun 2013, Sekretasi Jendral PBB menetapkan peringatan ini untuk meningkatkan pendidikan perdamaian di dunia.

Tujuan dari peringatan ini adalah sebagai upaya meningkatkan perdamaian dunia, Hari Perdamaian Internasional memiliki cita-cita yang luhur agar penduduk di dunia dapat merasakan kedamaian. Berikut tujuannya.

Tema Hari Perdamaian Internasional di tahun 2022 adalah “End Racism. Build Peace.” atau “Akhiri Rasialisme. Bangun Perdamaian.” Rasialisme adalah suatu hal yang mampu menghancurkan struktur sosial dan kehidupan sehari-hari di kehidupan masyarakat. Rasialisme juga menjadi jembatan yang melanggengkan ketidaksetaraan dan menjadi penghalang bagi hak asasi manusia.

 

 

Sejarah Hari Perdamaian Internasional - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Sejarah Hari Perdamaian Internasional

01 min