Ragam Pasar Unik di Indonesia, Ada Dimana?

Ragam Pasar Unik di Indonesia, Ada Dimana?

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman suku dan budayanya. Setiap daerah memiliki ciri khas yang unik, adat istiadat yang unik dan berbeda. Hal unik lain yang dimiliki oleh setiap daerah adalah pasar.  Lalu, apa saja pasar unik di Indonesia?

Pasar merupakan salah satu tempat terjadinya jual beli barang maupun jasa. Selain itu di dalam pasar terjadi hubungan sosial antara pedagang dan pembeli. Penjual dan pembeli dapat bertransaksi atau sepakat dalam akad jual beli.

Transaksi yang disepakati meliputi barang, penjual, pembeli, dan harga barang. Selain itu, di pasar juga bisa melakukan tawar menawar yang tujuannya agar harga dari barang yang diinginkan bisa sepakat baik pihak penjual maupun pihak pembeli.

Seiring dengan keberagaman di Indonesia, pasar juga merupakan salah satu akar budaya yang angkat lekat. Maka tidak salah bila banyak pasar unik di Indonesia.  Nah, berikut adalah daftar beberapa pasar unik di Indonesia, antara lain:

Pasar unik pertama ini bernama Pasar Terapung Muara Kuin, Banjarmasin. Pasar ini memang cukup terkenal dan dijadikan destinasi wisata dari dalam dan luar negeri. Barang yang dijual dalam pasar ini memang terlihat seperti pasar pada umumnya, namun hal yang menjadikan pasar menjadi unik adalah keberadaannya diatas air atau menggunakan sampan (klotok).

Di Pasar ini kita akan mendapatkan pengalaman berbelanja yang tidak biasa. Di sana, kita akan merasakan sensasi transaksi dan tawar menawar di atas sampan yang oleh masyarakat di sana disebut klotok.

Pasar Beriman Tomohon adalah pasar yang berada di Manado dan memang sudah dikenal di Indonesia bahkan sampai luar negeri. Pasar ini dikenal karena menjual barang dagangan yang unik dan tidak biasa seperti dijajakan di pasar lain.

Pasar ini menjual daging hewan yang tidak lazim seperti kelelawar, tikus, ular, anjing, hingga kera. Mungkin hewan-hewan tersebut terdengar tidak biasa untuk dijadikan bahan makanan. Namun bagi orang-orang yang tinggal di sana, hewan-hewan tersebut sudah biasa mereka konsumsi.

Pasar unik berikutnya bernama Pasar Bolu yang terletak di Toraja. Sebagian besar barang yang diperjualbelikan di pasar ini adalah kerbau. Tanah Toraja sendiri memang dikenal sebagai daerah penghasil kerbau dengan kualitas tinggi, bahkan Pasar Bolu ini menjadi pasar kerbau di dunia.

Jika ingin membeli kerbau di sini, sepertinya harus merogoh kocek dalam-dalam karena harga kerbau di pasar ini bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Pasar dikenal dengan tempat yang penuh keramaian oleh suara-suara pedagang yang menawarkan dagangan. Namun berbeda dengan tempat bernama Pasar Bisu yang ada di Sumatra Barat ini.

Di pasar ini, proses transaksi jual beli menggunakan tradisi yang disebut Marosok. Tradisi Marosok ini merupakan tradisi di mana transaksi antara penjual dan pembeli melakukan tawar menawar menggunakan jari-jari tangan yang ditutupi dengan kain dan tanpa bersuara. Tradisi tersebut memiliki tujuan agar harga yang sudah disepakati tidak diketahui orang banyak.

Berlokasi di Desa Obia, pasar kaget biasanya terletak di tengah hutan. Keberadaan pasar kaget ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang hendak berkunjung untuk menambah pengalaman unik.

Bagi yang ingin ke sini, wisatawan perlu bertemu dengan pemandu untuk mengetahui jalur jalanan yang rimbun penuh dengan pohon untuk sampai di pasar. Pasar Kaget menjual berbagai macam hasil kerajinan warga lokal yang jarang ditemui dimana-mana. Biasanya penjual akan menjajakan dagangannya dengan beralaskan tikar.

Pasar Kaki Langit terletak di Desa Wisata Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Pasar Kaki Langit menjual beragam kuliner dan dijadikan pula sebagai tempat untuk pentas seni. Hal unik yang dapat kalian temukan disini adalah penjual dan petugas menggunakan pakaian adat khas jawa.

Selain itu, jika ingin berbelanja di Pasar Kaki Langit, kita harus menukarkan uang dengan koin kayu, karena nantinya kita akan menggunakan koin kayu tersebut untuk melakukan transaksi.

Bagi para pemburu barang antik, Pasar Klithikan merupakan salah satu surganya. Pasar yang berlokasi di Jalan Hos Cokroaminoto No. 34, Pakuncen, Yogyakarta menjual barang antik. Selain barang antik, di pasar ini kalian dapat menemukan barang bekas. Mulai dari barang elektronik bekas, perabot rumah tangga, kamera, hingga spare part motor.

Selain berbelanja barang antik, ternyata banyak juga lho yang datang ke Pasar Klithikan untuk berburu foto. Pasar Klithikan sendiri memiliki nuansa yang cukup retro sehingga beberapa orang memanfaatkannya sebagai lokasi untuk berfoto.

Ragam Pasar Unik di Indonesia, Ada Dimana? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Ragam Pasar Unik di Indonesia, Ada Dimana?

03 min