Potensi dan Persebaran Sumber Daya Peternakan

Potensi dan Persebaran Sumber Daya Peternakan

Indonesia dianugerahi dengan potensi sumber daya alam yang kaya dan melimpah. Salah satunya adalah potensi sumber daya peternakan yang didapatkan dari pemanfaatan hewan ternak untuk memenuhi kebutuhan sandang, pangan, dan papan manusia.

Peternakan merupakan kegiatan memelihara hewan ternak untuk dapat dibudidayakan dan mendapatkan manfaat serta keuntungan dari kegiatan tersebut. Peternakan memiliki peran penting dalam rangka memperbaiki mutu makanan, seperti daging, susu, telur , dan bahan pakaian (seperti wol).

Selain itu, potensi sumber daya peternakan bukan hanya bermanfaat sebagai bahan pangan, tetapi dari kotoran hewan dapat menyuburkan tanah dan tenaga hewan dapat digunakan sebagai sarana transportasi maupun membantu para petani untuk membajak sawahnya.

Potensi sumber daya peternakan di Indonesia didukung juga dengan tanah yang subur. Apalagi, di daerah padang rumput biasanya kegiatan ekonomi utama adalah peternakan berpindah-pindah dan peternakan perdagangan.

Adapun jenis hewan yang digunakan dalam beternak cukup beragam, mulai dari unggas hingga mamalia. Berikut jenis-jenis peternakan yang ada di Indonesia, antara lain :

Peternakan hewan besar adalah peternakan dimana hewan ternak yang dipelihara berukuran besar seperti sapi, kuda, dan kerbau. Peternakan hewan besar memiliki berbagai keuntungan karena umumnya harga jual hewan besar lebih tinggi dari pada hewan kecil.

Peternakan hewan besar yang terkenal di Indonesia adalah peternakan sapi di Babadan, Malang dan peternakan kuda di Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Peternakan hewan kecil adalah peternakan yang memelihara hewan yang mempunyai ukuran kecil seperti babi, kambing, kelinci, dan unggas. Peternakan ini banyak dikembangkan di Indonesia karena jangka waktu peternakan umumnya relatif lebih pendek dari pada hewan besar.

Selain itu, hasil sampingan peternakan hewan kecil lebih beragam. Di Indonesia terdapat peternakan kambing terbesar yaitu kampung kambing di Banyuwangi.

Di Indonesia sendiri ada beberapa wilayah yang bisa dikategorikan sebagai daerah pesebaran potensi sumber daya peternakan, antara lain :

Potensi dan Persebaran Sumber Daya Peternakan - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Potensi dan Persebaran Sumber Daya Peternakan

01 min