Potensi dan Penyebaran Sumber Daya Kelautan di Indonesia

Potensi dan Penyebaran Sumber Daya Kelautan di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara maritim. Hal ini didukung karena wilayah lautan di Indonesia sangat ditambah dengan potensi sumber daya alam kelautan yang melimpah. Laut merupakan salah satu dari kenampakan alam perairan di Indonesia termasuk juga sungai, danau, rawa, dan selat.

Selain sumber daya alam yang ada di daratan, Indonesia juga terkenal dengan sumber daya alam kelautan nya yang luas. Salah satu sumber daya alam yang berasal dari laut adalah sumber daya perikanan. Perikanan merupakan aktivitas pengolahan dan pemanfaatan sumber daya ikan yang meliputi beberapa tahap, diantaranya penangkapan, pengolahan, dan pemasaran.

Indonesia memiliki potensi sumber daya perikanan yang sangat besar dikarenakan mempunyai garis pantai terpanjang kedua di dunia sekitar 90 ribu kilometer. Dikarenakan sumber daya perikanannya yang sangat besar, Indonesia termasuk peringkat 6 besar di dunia dalam produksi dan ekspor ikan.

Terdapat tiga jenis perikanan di Indonesia menurut tempat penangkapan dan pembudidayaan, antara lain perikanan air tawar, perikanan air laut, dan perikanan air payau.

Perikanan air tawar dilakukan diatas daratan dan dibudidayakan dengan menggunakan jaring terapung dan dipasangkan di danau, sungai, atau waduk. Ikan air tawar juga dapat di budidayakan di sawah dan kolam air.

Kebersihan air menjadi kunci utama dalam membudidayakan ikan air tawar, dikarenakan beberapa ikan sangat sensitif terhadap perubahan air dan pencemaran. Yang termasuk ikan air tawar adalah ikan gurami, ikan mas, lele, belut, sepat, dan sebagainya. Perikanan air tawar dapat dibudidayakan dikawasan yang memiliki arus air yang banyak. Di Indonesia sendiri kawasan yang mempunyai arus air yang banyak terletak di Jawa Barat.

Indonesia memiliki potensi ikan laut yang sangat besar dan mempunyai ragam sumber daya ikan. Untuk potensi yang terdapat di laut ada berbagai jenis ikan seperti ikan teri, tuna, tongkol, kakap, tenggiri, udang, lobster, tiram, rumput laut, dan sebagainya.

Sedangkan daerah penangkapan ikan laut di Indonesia antara lain ; Air tembaga, Ambon, Bitung, Cilacap, Kepulauan Aru, Kepulauan Maluku, Kepulauan Riau, Laut Jawa, Makasar, Manokwari, Pantai Selatan Jawa, Selat Karimata, Selat Malaka, dan Tanibar.

Pada umumnya, pembudidayaan perikanan air payau mencakup udang dan bandeng. Perikanan air payau terletak di sekitar pantai-pantai yang memiliki hutan mangrove. Pantai di Indonesia yang digunakan sebagai tempat budidaya ikan air payau adalah Pantai Timur Sumatera, Sulawesi, dan Pantai Utara Jawa.

 

Potensi dan Penyebaran Sumber Daya Kelautan di Indonesia - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Potensi dan Penyebaran Sumber Daya Kelautan di Indonesia

01 min