Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki lautan luas dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Dilihat dari letak geografisnya, maka berpotensi disebut Indonesia sebagai poros maritim dunia. Maka tak heran sejak jaman dahulu wilayah laut Nusantara menjadi lintasan yang penting di dunia apalagi ditunjang dengan kekayaan alam berupa rempah-rempah dan hasil bumi lainnya.

Indonesia adalah salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara dan merupakan negara kepulauan yang memiliki potensi strategis sebagai poros maritim dunia. Poros maritim adalah gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektivitas antar pulau, pengembangan industri perkapalan dan perikanan, perbaikan transportasi laut, serta fokus pada keamanan maritim.

Pada dasarnya, Indonesia sebagai poros maritim dunia karena letaknya berada di antara benua Asia dan Australia, antara Samudera Pasifik dan hindia. Menariknya, berdasarkan analisis para pakar, ditaksir sekitar 90% perdagangan global diangkut melalui laut, dimana 40% diantaranya melewati perairan Indonesia. Ini berarti, posisi Indonesia samai kapanpun akan selalu menjadi tempat strategis dalam peta perdagangan dunia.

Namun, untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia maka perlu adanya pembenahan. Dimana, sistem pelabuhan di Indonesia harus di modernisasi sesuai dengan standar internasional sehingga pelayanan dan akses  di seluruh pelabuhan harus mengikuti prosedur internasional.

Untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia terdapat lima pilar utama yang menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, antara lain :

Potensi Indonesia

Letak Indonesia yang berada di antara 2 benua yaitu Asia dan Australia membuat Indonesia bisa menjalin hubungan yang baik antara negara-negara di kedua benua tersebut. Sebagai contoh, perikanan tangkap di kawasan perbatasan laut Republik Indonesia dan Australia dalam mengembangkan potensi dan ekonomi Indonesia.

Potensi tersebut telah berhasil menembus pasaran ekspor dengan komoditas berupa mutiara, rumput laut, lobster, dan kerapu. Untuk hasil bumi baik sayuran maupun buah-buahan seperti buncis, rambutan, mangga, manggis, dan lain-lain sudah rutin memenuhi kebutuhan konsumen di Malaysia dan Singapura.

Posisi geografis membuat Indonesia berada di jalur lalu lintas internasional dan dapat menjadi transit jalur perdagangan dunia. Laut yang begitu luas dan garis pantai membuat Indonesia menyimpan hasil laut yang berlimpah seperti ikan, kerang laut, dan serta bahan tambang seperti minyak bumi serta keragaman antara flora dan fauna.

Transportasi laut di wilayah Indonesia tidak hanya berfungsi menghubungkan seluruh kepulauannya tetapi juga untuk melayani angkutan laut atau logistik internasional yang melintasi alur laut kepulauan Indonesia. Alur laut kepulauan Indonesia memiliki gambaran bagaimana bangsa-bangsa dunia berinteraksi. Nusantara menjadi lintasan yang penting di dunia adalah karena rempah-rempah dan hasil bumi lainnya.

Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

02 min