Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi, Apa Bedanya?

Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi, Apa Bedanya?

Dalam ekonomi suatu negara, pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi menjadi salah satu indikator penting yang perlu diperhatikan dan dijaga oleh pemerintah. Keduanya saling memengaruhi, dimana pertumbuhan ekonomi meningkat karena adanya pembangunan ekonomi,. Begitupun sebaliknya, pembangunan ekonomi dapat berjalan dengan baik jika pertumbuhan ekonominya terjaga. Lalu, apa perbedaan keduanya?

Pembangunan ekonomi merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dalam perkembangan suatu negara. Dimana, definisi pembangunan ekonomi adalah sebuah proses perubahan yang berkelanjutan. Hal ini sangat menentukan taraf hidup masyarakat.

Disamping itu, peningkatan GNP dalam pembangunan ekonomi sangat dipengaruhi oleh jumlah penduduknya sehingga peningkatannya dihitung berdasarkan GNP perkapita. Proses perubahan ini berlangsung dalam jangka panjang.

Pada dasarnya pembangunan ekonomi merupakan tolak ukur perkembangan suatu negara. Hal ini mengakibatkan terdapat beberapa faktor yang memengaruhi keberhasilan pembangunan ekonomi yaitu ; pendapatan nasional, pendapatan perkapita, distribusi pendapatan, peran di sektor industri dan jasa, kesempatan kerja, stabilitas ekonomi, dan neraca pembayaran luar negeri.

Pembangunan ekonomi di suatu negara sudah pasti sangat bergantung dengan beberapa faktor pendukung yang membuat keberhasilan pembangunan ekonomi menjadi semakin besar. Adapun faktor tersebut meliputi sumber daya alam, sumber daya manusia, teknologi, modal, infrastruktur, keadaan politik, dan sosial budaya.

Sementara itu, jika pembangunan ekonomi memperhatikan pertumbuhan penduduk yang ada di negaranya, berbeda halnya dengan pertumbuhan ekonomi yang hanya mengedepankan kenaikan PDB tanpa mempertimbangkan jumlah penduduk yang ada di negara tersebut.

Pertumbuhan ekonomi hanya menggambarkan tingkat perkembangan perekonomian negara. Ditandai dengan meningkatnya produksi barang dan juga jasa yang berdampak pada peningkatan PDB negara. Selain itu, pertumbuhan ekonomi sendiri hanya berlangsung pada satu periode tertentu.

Perbedaan

Dari definisi dan penjelasan diatas maka dapat ditarik kesimpulan, meski saling terkait tetapi ada beberapa perbedaan antara pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi, antara lain:

Pertumbuhan ekonomi

Pembangunan Ekonomi

Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi, Apa Bedanya? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi, Apa Bedanya?

01 min