Perkembangan Kota Dan Alih Fungsi Lahan

Perkembangan Kota Dan Alih Fungsi Lahan

Pusat kota seperti Jakarta saat ini sudah padat baik sebagai pusat pemerintahan, kawasan kegiatan usaha, industri, pelayanan maupun gudang. Sehingga perlu adanya pergeseran lahan seperti yang direncanakan pemerintah untuk memindahkan ibu kota ke wilayah Nusantara. Hal ini membuat adanya perkembangan kota dan alih fungsi lahan yang masih kosong.

Seperti diketahui, lahan-lahan kosong di daerah pinggiran dialih fungsikan sebagai pusat perdagangan, perumahan dan sarana penunjang perkembangan kota. Alih fungsi lahan ini dimaksudkan untuk mencapai tujuan fisik, ekonomi, dan sosial.

Dengan pembangunan pinggiran kota diharapkan dapat mendorong peningkatan dan perkembangan kota. Pada dasarnya ada 3 teori yang mendasari bagaimana sebuah kota bisa berkembang menjadi lebih besar dan kompleks, antara lain :

Teori  Konsentrik

Teori konsentrik di ciptakan oleh Ernest W Burgess. Ia menilai bahwa suatu kota akan memanfaatkan lahan-lahan yang ada untuk permukiman hingga membentuk sebuah lingkaran yang terdiri dari 6 lapisan konsentris. Adapun keenam zona tersebut yaitu :

Teori Sektoral

Teori ini diciptakan oleh Homer Hoyt yang beranggapan bahwa sebuah kota cenderung berkembang mengikuti sektor-sektor tertentu. Pusat daerah kegiatannya berada dipusat kota akan tetapi pola-pola pemanfaatan lahan lainnya berada dan berkembang mengikuti sektor-sektor tertentu sperti irisan kue. Terdapat 5 wilayah dalam teori ini yaitu :

Teori Inti Berganda

Teori ini dikembangkan oleh CD Harris dan E.L Ullman pada tahun 1949. Teori ini beranggapan bahwa penggunaan lahan di kota tidaklah sederhana seperti teori-teori lainnya. Hal itu karena kota terdapat beberapa tempat tertentu yang akan bisa menjadi inti kota atau tempat pertumbuhan kota-kota baru. Terdapat 7 wilayah dalam teori ini, yaitu :

 

Perkembangan Kota Dan Alih Fungsi Lahan - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Perkembangan Kota Dan Alih Fungsi Lahan

01 min