Penyakit Baru Flu Tomat, Apa dan Bagaimana Gejalanya?

Penyakit Baru Flu Tomat, Apa dan Bagaimana Gejalanya?

Baru-baru ini dunia kembali digemparkan dengan munculnya penyakit baru yang menyerang anak-anak. Penyakit baru yang disebut flu tomat (tomato flu) pertama kali teridentifikasi di Kerala, India pada 6 Mei 2022 lalu. Dan sekarang telah ada lebih dari 80 kasus penyakit  dan diketahui sudah menyebar ke wilayah lainnya di India. Lalu, apa itu sebenarnya flu Tomat?

Pada kasus flu tomat di India, anak-anak yang terinfeksi rata-rata berusia di bawah usia lima tahun. Secara umum, gelaja yang diderita melingkupi suhu tinggi, nyeri sendi yang hebat, dan ruam. Anak-anak jug mengalami kulit melepuh kemerahan dan menyakitkan, yang tumbuh seukuran tomat dan menjadi asal nama penyakit tersebut.

Sejauh ini belum ada laporan penyakit serius atau kematian. Semua penderita yang teridentifikasi kinibdalam perawatan intensif dan mulai pulih. Flu Tomat juga diketahui telah teridentifikasi menjangkit dua anak berkebangsaan Inggris paska berlibur ke Kerala, India.

Hingga 26 Juli 2022, sudah ada 82 anak yang berusia di bawah lima tahun didiagnosis mengidap penyakit ini. Flu tomat dapat berkembang akibat penyakit chikungunya atau demam berdarah yang telah dialami oleh anak sebelumnya.

Para ilmuwan telah menguji sampel dari anak-anak dengan flu tomat untuk mencoba mengidentifikasi penyebab penyakit tersebut. Hasil laboratorium dari samplel tersebut mengungkapkan bahwa mereka terinfeksi enterovirus bernama coxsackie A16.

Virus tersebut hampir menyerupai varian baru dari virus penyebab Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD).  Hal ini dikarenakan, Coxsackie A16 menyebabkan penyakit tangan, kaki dan mulut (HFMD) – disebut demikian karena pasien memiliki lepuh pada telapak tangan, telapak kaki dan mulut.

Gejala Umum

Beberapa anak-anak yang mengidap flu tomat diketahui mengalami beberapa gejala, seperti:

Seiring perkembangan gejala, ruam yang dialami oleh anak dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, sesuai dengan namanya, penyakit ini dapat memicu munculnya benjolan pada kulit yang bisa pecah dengan dasar berwarna merah seperti tomat. Ini bisa memicu luka lepuh pada kulit yang menyerupai cacar.

 

Penyakit Baru Flu Tomat, Apa dan Bagaimana Gejalanya? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Penyakit Baru Flu Tomat, Apa dan Bagaimana Gejalanya?

01 min