Pentingnya Menulis Artikel Ilmiah

Pentingnya Menulis Artikel Ilmiah

Dalam dunia akademik, artikel ilmiah termasuk komponen penting yang sering ada di dalamnya. Menulis suatu artikel ilmiah termasuk hal yang lumrah dilakukan oleh para akademisi untuk berbagai tujuan. Lalu sebenarnya apa pentingnya menulis artikel ilmiah?

Perlu Anda ketahui bahwa Artikel ilmiah pada dasarnya merupakan suatu tulisan yang dihasilkan dengan mematuhi kaidah-kaidah ilmiah. Baik itu dalam proses pengumpulan data maupun juga proses analisisnya.

Artikel ilmiah sering digunakan oleh para peneliti dan akademisi untuk menyampaikan hasil penelitian ataupun kajian yang sudah dilakukan. Sehingga wajar jika artikel ilmiah lebih sering ditemukan pada jurnal-jurnal ilmiah.

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa menulis artikel ilmiah merupakan pekerjaan yang berat dan membutuhkan banyak waktu. Hal ini dikarenakan penulisan artikel ilmiah harus mengikuti prosedur  dan kaidah-kaidah tertentu yang sudah menjadi standar acuan penulisannya.

Meskipun terkesan sulit dan berat, menulis artikel ilmiah ternyata memiliki peranan yang sangat penting terutama bagi para mahasiswa. Peran-peran penting tersebut diharapkan bisa menjadi pemicu dalam proses pengembangan kemampuan yang dimiliki oleh para mahasiswa.

Bagi Anda yang penasaran dengan apa itu pentingnya menulis artikel ilmiah bagi Mahasiswa, berikut adalah beberapa diantaranya.

Salah satu peranan penting dari penulisan artikel ilmiah adalah untuk mendorong pertumbuhan minat baca para mahasiswa agar bisa lebih efektif. Sehingga kemampuan literasi para mahasiswa secara umum pun bisa mengalami peningkatan.

Seperti yang sudah diketahui bahwa minat baca di Indonesia tergolong cukup rendah. Seringkali banyak orang yang merasa jenuh, malas, dan bahkan juga bosan ketika sedang membaca buku atau teks. Misalnya teks akademik, buku panduan diklat, dan lain sebagainya.

Padahal membaca termasuk hal yang sangat penting bagi setiap orang. Termasuk juga mahasiswa yang notabene adalah orang-orang di garis depan pengembangan ilmu dan teknologi. Sehingga mendorong terjadinya peningkatan minat baca adalah hal yang sangat penting.

Ketika membuat karya ilmiah, mau tidak mau para mahasiswa pun harus banyak membaca baik itu teks diklat, buku referensi, ataupun artikel ilmiah lainnya. Ketika sering membaca, nantinya kemampuan membaca secara efektif pun akan mulai semakin berkembang.

Agar bisa menghasilkan karya ilmiah yang baik, tentunya harus didukung oleh sumber referensi dan pengetahuan yang baik. Jadi ketika seseorang membuat artikel ilmiah maka secara bersamaan dia juga harus membaca sumber lain secara komprehensif.

Sehingga dengan adanya kegiatan penulisan artikel ilmiah ini, diharapkan bisa menjadi solusi agar bisa meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Terutama bagi mereka yang terjun dalam bidang akademik seperti mahasiswa ataupun peneliti.

Pentingnya menulis artikel ilmiah yang berikutnya adalah bertujuan untuk menciptakan budaya menulis sejak dini. Selain minat baca yang terbilang rendah, minat menulis di negeri ini pun juga terbilang cukup rendah.

Banyak yang beranggapan bahwa mereka tidak memiliki kepentingan untuk menulis sehingga mereka pun enggan untuk mempelajarinya. Padahal, menulis memainkan peranan yang sangat penting dan krusial pada banyak faktor.

Ketika menulis artikel ilmiah diharapkan para mahasiswa mampu memahami bahwasanya dunia tulis-menulis itu merupakan hal yang penting. Pasalnya menulis menjadi salah satu indikator pencapaian mutu ataupun menjadi ukuran kualitas sumber daya manusia.

Kemampuan menulis yang baik tentunya menjadi hal yang sangat penting. Sebab dengan kemampuan menulis tersebut Anda pun bisa mengekspresikan pengetahuan secara lebih maksimal.

Peran penting kegiatan menulis artikel ilmiah yang berikutnya adalah untuk mengembangkan pola pikir yang sistematis. Seperti yang sudah diketahui bahwa proses penyusunan suatu karya ilmiah umumnya melibatkan susunan dan proses yang sistematis.

Maka dari itu, kegiatan menulis artikel ilmiah diharapkan sedikit demi sedikit bisa mengubah pola pikir mahasiswa menjadi lebih sistematis. Sehingga para mahasiswa tersebut bisa berpikir dengan runtut, analitis, dan juga rasional.

Pola pikir yang bagus umumnya bisa dipertanggungjawabkan secara sistematis dan mampu dibuktikan kebenarannya secara ilmiah. Maka dari itu, dengan seringnya menulis karya ilmiah diharapkan bisa membangun kesadaran dan pola pikir yang lebih sistematis dalam mengolah data dan mengambil keputusan.

Ketika Anda secara rutin melakukan kajian dan penulisan artikel maka kemampuan berpikir secara analitis dan rasional pun akan semakin terasah. Sehingga Anda tidak akan selalu tergesa-gesa dalam mencerna dan mengolah informasi yang belum tentu kebenarannya.

Hal ini tentu akan sangat bermanfaat jika Anda bekerja pada posisi-posisi yang penting dan strategis. Sebab nantinya Anda bisa mengambil kebijakan atau keputusan secara lebih cermat, bijak, dan juga rasional sesuai dengan kondisi yang terjadi di lapangan.

Bisa menyampaikan pendapat dengan baik dan lugas merupakan hal penting bagi banyak orang. Memiliki kemampuan penyamapaian pendapat yang bagus akan membuat Anda menjadi lebih menonjol dan bisa mengungkapkan pandangan secara lebih baik.

Ketika menulis artikel ilmiah, tentunya Anda akan menggunakan sumber-sumber yang kredibel dalam proses penulisannya. Sehingga proses penyampaian gagasan di dalam artikel ilmiah pun tidak dilakukan secara sembarangan.

Hal ini dikarenakans prosesnya melibatkan pengutipan sumber referensi yang kredibel dan terpercaya. Selain itu, penyampaian gagasan di dalam artikel ilmiah umumnya juga sesuai dengan fakta dan realita yang ada di lapangan.

Ketika Anda terbiasa menulis karya ilmiah, maka kebiasaan tersebut pun akan bisa terbawa ke dalam kehidupan yang sesungguhnya. Nantinya Anda akan lebih cermat dan berhati-hati dalam menyampaikan pendapat kepada siapa pun.

Proses penyampaian tersebut tentunya tidak hanya asal bunyi karena akan didukung oleh sejumlah sumber yang bisa dipertanggung jawabkan. Dengan demikian, informasi yang Anda olah pun bisa tersampaikan dengan benar sesuai realita yang ada di lapangan.

Alasan penting lainnya mengapa mahasiswa perlu menulis artikel ilmiah adalah agar bisa semakin mengenalkan dunia kepustakaan. Perlu Anda ketahui dunia kepustakaan itu sebenarnya relatif cukup luas konteksnya.

Mulai dari kegiatan membaca, menulis, dan lain sebagainya. Maka dari itu, dengan adanya kegiatan penulisan artikel ilmiah maka para mahasiswa pun akan menjadi lebih akrab dengan dunia kepustakaan yang selama ini dianggap rumit.

Anda akan mulai terbiasa dengan kegiatan membaca buku referensi, menulis gagasan, mengutip pendapat dari sumber referensi, meneliti kasus, dan lain sebagainya. Tanpa disadari, rangkaian kegiatan kepustakaan tersebut nantinya akan bisa meningkatkan pengetahuan dan wasasan yang Anda miliki.

Ketika seseorang menjadi lebih akrab dengan dunia kepustakaan, tentunya hal ini bisa menjadi sebuah kebiasaan baru yang sangat menarik. Sebab Anda bisa melakukan upgrade pengetahuan dan kapabilitas sesuai dengan informasi yang Anda proses ketika menekuni kepustakaan dan literasi.

Itulah pembahasan lengkap mengenai pentingnya menulis artikel ilmiah yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya pembahasan tersebut Anda bisa mengetahui secara lebih detail terkait dengan seluk-beluk dan manfaat dari kegiatan menulis artikel ilmiah.

Posting Pentingnya Menulis Artikel Ilmiah .


Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Pentingnya Menulis Artikel Ilmiah

04 min