Peninggalan Sejarah Bercorak Islam, Apa Saja?

Peninggalan Sejarah Bercorak Islam, Apa Saja?

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbanyak di dunia, dimana hampir 87% memeluk agama Islam. Masuknya Islam ke Nusantara dibawa oleh pedagang Arab muslim dan menyebar sampai mulai berdirinya Kerajaan atau Kesultanan Islam. Bahkan, peninggalan sejarah bercorak Islam masih tetap ada dan berdiri kokoh. Apa saja?

Seperti diketahui, Islam masuk ke Indonesia melalui berbagai cara seperti perkawinan, politik, perdagangan, kesenian, dan masih banyak lagi. Ajaran Islam semakin dikenal dengan adanya Kerajaan-kerajaan Islam yang ada di Nusantara. Dari kerajaan-kerajaan tersebut maka terciptalah peninggalan sejarah bercorak Islam.

Pada dasarnya, peninggalan sejarah bercorak Islam yang berupa bangunan umumnya berupa masjid dan keraton. Masjid berfungsi sebagai tempat beribadah dan pusat kegiatan masyarakat, seperti kegiatan sosial dan pendidikan. Sedangkan keraton berfungsi sebagai bangunan pusat kegiatan pemerintahan.

Bangunan Masjid

Bangunan Keraton

Keraton Yogyakarta di Yogyakarta semula di dirikan sebagai pusat pemerintahan Kesultanan Mataram. Saat Kesultanan Mataram di pecah menjadi empat wilayah, keraton ini menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Hikayat

Babad

 

Peninggalan Sejarah Bercorak Islam, Apa Saja? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Peninggalan Sejarah Bercorak Islam, Apa Saja?

01 min