Pengertian Komputer dan Komponen-Komponen Pada Komputer

Pengertian Komputer dan Komponen-Komponen Pada Komputer

Pengertian Komputer – Apa yang di maksud dengan komputer? Mungkin kalian beranggapan kalau komputer itu sebuah mesin atau perangkat yang sering kita gunakan di kantor, sekolah atau warnet. Namun Secara umum pengertian komputer adalah sebuah berangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah data sesui dengan prosedur yang telah dirumuskan sehingga akan menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi pengguna.

Definisi Komputer adalah alat elektronik yang terdiri dari rangkaian berbagai komponen yang saling terhubung sehingga akan membentuk suatu sistem kerja. Sistem di dalam komputer tersebut dapat melakukan pekerjaan secara otomatis berdasarkan program yang di perintahkan kepadanya sehingga mampu menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang sudah ada.

Secara estimologi , Kata “ Komputer” berasal dari bahasa latin yaitu “computare” yang artinya menghitung. Sehingga secara sederhana pengertian komputer adalah alat yang digunakan untuk menghitung aritmatika.

Menurut Wiliam M.Fuori pengertian komputer adalah suatu alat pemrosesan data yang melakukan perhitungan secara besar dan cepat, termasuk perhitung aritmatika serta logika dan perhitungan tersebut tidak ada campur tangan dari manusia.

Menurut Robert H. Blissmer pengertian komputer adalah sebuah alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas diantaranya menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menghasilkan output yang berbentuk sebuah informasi,

Menurut sanders pengertian komputer adalah sistem elektonik yang digunakan untuk memanipulasi data yang cepat serta tepat, di rancang dan diorganisasikan agar dapat secara otomatis menerima dan menyimpan data, memproses data hingga menghasilkan output berdasarkan perintah yang sudah tersimpan di dalam memori

Pada umumnya sebuah komputer terdiri dari 3 elemen utama, antara lain:

Berdasarkan fungsinya, komponen di dalam komputer dapat dibedakan dalam tiga kelompok yaitu input, proses dan output:

Komponen Input

Komponen ini merupakan komponen hardware yang memiliki fungsi sebagai pemberi perintah berbagai tugas yang akan diberikan pada komputer. Beberapa komponen input tersebut diantaranya;

Keyboard, memberikan input atau masukan berupa alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya.

Komponen Proses

Komponen ini memiliki fungsi untuk mengolah data atau memproses perintah yang diberikan oleh brainware yang kemudian ditampilkan pada komponen output.

Beberapa komponen proses diantaranya adalah;

RAM, yaitu memori untuk menyimpan berbagai aktivitas komputer untuk sementara.Komponen Output

Ini adalah komponen yang memiliki fungsi untuk menampilkan informasi dari perintah yang telah diproses oleh komputer.

Beberapa komponen output diantaranya adalah;


Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Pengertian Komputer dan Komponen-Komponen Pada Komputer

01 min