Pengertian Adjudikasi Sebagai Cara Penyelesaian Konflik

Pengertian Adjudikasi Sebagai Cara Penyelesaian Konflik

Dalam kehidupan sosial ada beragam intrik atau perselisihan, baik antar individu maupun antar kelompok. Semua perselisihan yang bisa terjadi pada dasarnya bisa diselesaikan dengan beragam cara, sesuai dengan kondisinya. Dan langkah akhir dari penyelesaian konflik ini adalah adjudikasi. Apa pengertian adjudikasi?

Pada umumnya, konflik antara dua belah pihak yang memiliki masalah diselesaikan di luar pengadilan, sedangkan cara penyelesaian lain di luar pengadilan biasa dikenal dengan arbitrase. Di mana, Badan Arbirtrase Nasional Indonesia (BANI) sebagai wadahnya. Sementara adjudikasi adalah cara penyelesaian masalah antara dua pihak yang bertikai di luar dua cara tersebut

Pengertian Adjudikasi

Secara umum, adjudikasi adalah salah bentuk dari proses penyelesaian konflik sosial yang biasa juga dikenal sebagai akomodasi. Dalam pengertian lainnya, ajudikasi adalah salah satu cara penyelesaian masalah antara dua belah pihak yang bertikai dengan adanya orang ketiga sebagai mediator. Mediator ini disebut Adjudikator.

Pengertian adjudikasi seringkali akan sangat membingungkan, karena istilah tersebut biasanya untuk menunjuk kepada proses penyelesaian berdasarkan putusan yang mengikat dari suatu otoritas yang berwenang.

Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Adjudikasi adalah, dari bentuk noun atau kata benda merupakan penyelesaian perkara di pengadilan. Selain itu menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ini adalah putusan yang ditetapkan oleh pengadilan berwenang untuk menangani masalah yang diperselisihkan; penyelesaian ini berbeda dengan Arbitrase.

Proses Adjudikasi

Salah satu keuntungan penyelesaian konflik dengan jalur adjudikasi adalah keputusan yang dihasilkan bersifat mengikat dan berlandaskan hukum. Kedua belah pihak harus patuh dengan keputusan dari adjudikator. Hal ini sangat baik untuk mencegah terjadinya kembali konflik yang sama.

Pada dasarnya, hampir sama dengan cara penyelesaian masalah lewat pengadilan, cara menyelesaikan masalah lewat jalur adjudikasi adalah dengan mengumpulkan data-data kebenaran, baik itu data fisik maupun data yuridis yang nantinya akan menjadi keputusan bersama dalam penyelesaian masalah.

Dalam penyelesaian konflik berdasarkan adjudikasi adalah pengadilan dan arbitrase karena di sana ada putusan yang dijatuhkan oleh otoritas yang berwenang (hakim/ arbiter) dan putusannya bersifat mengikat, sedangkan yang termasuk dalam mekanisme non-Adjudikasi adalah negosiasi, mediasi, konsiliasi dan sebagainya yang di sana tidak ada suatu putusan (melainkan suatu kesepakatan damai yang dibuat secara sukarela oleh para pihak).

 

 

 

Pengertian Adjudikasi Sebagai Cara Penyelesaian Konflik - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Pengertian Adjudikasi Sebagai Cara Penyelesaian Konflik

01 min