Pawai Jampana, Tradisi Warga Bandung Rayakan Hari Kemerdekaan

Pawai Jampana, Tradisi Warga Bandung Rayakan Hari Kemerdekaan

Masyarakat di berbagai daerah mempunyai beragam cara tersendiri untuk turut memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia. Selain upacara bendera, mengadakan perlombaan, dan menghias tempat tinggal dengan beragam pernak-pernik khas 17-an, ada banyak tradisi unik lainnya yang kerap dilakukan. Salah satunya adalah tradisi pawai Jampana, yang biasa dilakukan oleh warga Bandung, Jawa Barat.

Secara nasional, perayaan Kemerdekaan Indonesia memang menjadi salah satu momen suka cita bagi masyarakat. Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia akan melaksanakan upacara pengibaran bendera di lingkungan masing-masing.

Setelah upacara, ada kegiatan perayaan khas masyarakat, yang diadakan sebagai simbol rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia. Di Bandung, Jawa Barat,para warga bahkan kerap menggelar tradisi yang dipanggil Pawai Jampana.

Pawai Jumpana sendiri merupakan parade untuk memamerkan hasil bumi yang diiringi musik dan tarian kesenian khas Sunda.

Dalam tradisi ini, berbagai jenis hasil bumi seperti buah-buahan, sayuran, padi, gandum, sampai kerajinan tangan, akan dibawa arak-arakan keliling kampung. Semua hasil bumi tersebut ditata rapi dalam tandu khusus yang sudah dihias pernak-pernik kemerdekaan, sehingga memberi nuansa sangat meriah.

Pelaksanaan Pawai Jampana

Tradisi unik ini dihelat setiap tahun untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Sesuai namanya, pada Pawai Jampana (tandu), para peserta akan membawa tandu besar. Di pawai ini,  terdapat tandu-tandu dengan bentuk yang beraneka ragam, seperti rumah, masjid, kendaraan, hingga miniatur hasil produksi warga.

Pawai Jampana merupakan tradisi yang dilakukan sebagai perwujudan rasa syukur terhadap hasil panen masyarakat sekaligus untuk menyambut momen bersejarah bagi Indonesia, yakni hari kemerdekaan. Tandu yang ada di dalam pawai ini bukan hanya satu, melainkan ada puluhan.

Tandu berisi hasil bumi, hidangan makanan, hingga hasil kerajinan masyarakat itu, akan dipikul oleh minimal empat orang pemuda. Secara bersama-sama, tandu-tandu akan diarak beriringan menuju ke satu tempat yang telah ditentukan. Rombongan tandu ini juga diiringi dengan alunan dari alat musik tradisional maupun modern.

Setelah tiba di lokasi, hasil bumi yang dibawa akan diperebutkan oleh masyarakat. Sementara, hidangan makanan yang berupa biasaya berupa nasi tumpeng, akan dimakan oleh peserta pawai secara bersama-sama.

Makna Pawai Jampana

Tak hanya untuk menyambut hari kemerdekaan, dilansir dari situs resmi website Pemprov Jawa Barat, Pawai Jampana ini biasanya juga dilakukan untuk menyambut hari ulang tahun Kota Bandung. Tujuannya adalah supaya bisa menghidupkan lagi kemeriahan yang biasa dilakukan masyarakat Sunda zaman dulu.

Selain untuk memeriahkan acara, tradisi Pawai Jampana juga bisa mempererat hubungan antar warga di Bandung, sekaligus memperkenalkan keunggulan daerah dari masing-masing lewat isi dari tandu yang dibawanya.

Tradisi khas masyarakat di Jawa Barat tersebut juga kerap dilakukan untuk menyatukan berbagai suku, ras maupun budaya di negara yang berlambangkan burung garuda sebagai ikonnya tersebut.

Selain berbagai momen diatas, Pawai Jampana juga dilakukan oleh masyarakat setempat sebagai upaya untuk menarik minat wisatawan melalui kekompakan dan kegotong royongan masyarakat.

Pawai Jampana, Tradisi Warga Bandung Rayakan Hari Kemerdekaan - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Pawai Jampana, Tradisi Warga Bandung Rayakan Hari Kemerdekaan

02 min