Obligasi Sebagai Instrumen Pasar Modal, Apa Itu?

Obligasi Sebagai Instrumen Pasar Modal, Apa Itu?

Instrumen pasar modal adalah semua surat-surat berharga (securities) yang diperdagangkan di bursa. Instrumen pasar modal ini umumnya bersifat jagka panjang, dan terdiri dari berbagai jenis, termasuk saham, derivatif, reksadana, dan obligasi.

Dalam pembahasan kali ini, kita akan berkenalan lebih jauh dengan obligasi sebagai surat utang jangka menengah maupun jangka panjang yang dapat diperjualbelikan.

Secara umum, obligasi adalah sertifikat berisi kontrak antara investor dan perusahaan. Kontrak itu menyatakan bahwa investor (pemegang obligasi) telah meminjamkan sejumlah uang kepada perusahaan. Perusahaan yang menerbitkan obligasi mempunyai kewajiban membayar bunga secara teratur sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan serta pokok pinjaman pada saat jatuh tempo.

Nilai suatu obligasi bergerak berlawanan arah dengan perubahan suku bunga secara umum. Dimana jika suka bunga menurun, maka nilai atau harga obligasi akan meningkat, karena investor cenderung berinvestasi pada obligasi.

Sebaliknya, jika suku bunga meningkat, maka nilai atau harga obligasi akan turun, karena investor cenderung menanamkan uangnya di bank.

Obligasi pada umumnya dicetak dalam bentuk berjangka untuk waktu yang telah ditetapkan. Di Indonesia, ini bisa berjangka 1 sampai 10 tahun dan dikeluarkan oleh pemerintah atau disebut surat utang negara disingkat SUN.

Obligasi ini bisa dikatakan sebagai utang tetapi dalam bentuk sekuriti. Penerbit obligasi adalah peminjam kemudian pemegang obligasi disebut pemberi kreditur. Kupon obligasi atau bunga pinjaman yang harus dibayar oleh kedua belah pihak yang telah bersepakat. Jadi, dengan demikian diterbitkannya obligasi ini dimungkinkan bagi peminjam demi memperoleh pembiayaan jangka panjang.

Jenis Obligasi

Berdasarkan pihak yang menerbitkan, obligasi sebagai instrumen pasar modal dibagi menjadi tiga, yakni Treasury Bond atau Government bond, yakni obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah seperti kementerian keuangan dan bank sentral; Corporate Bond, yaki obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan; dan Foreign bond yang merupakan obligasi yang diterbitkan negara asing.

Sementara itu, berdasarkan sistem pembayaran bunganya, obligasi dibedakan menjadi:

a. Zero coupon bond, yakni obligasi yang tidak membayar bunga secara periodik, namun bunga dan pokoknya dibayarkan sekaligus pada saat jatuh tempo.

b. Coupon bond, yaitu obligasi dengan kupon yang dapay diuangkan secara periodik sesuai dengan ketentuan penerbitnya.

c. Fixed coupon bond, yakni obligasi dengan tingkat kupon bunga yang telah ditetapkan sebelum masa penawaran di pasar perdana dan akan dibayarkan secara periodik.

d. Floating coupon bond, yakni obligasi dengan tingkay kupon bunga yang telah ditentukan sebelum jangka waktu tertentu.

 

Obligasi Sebagai Instrumen Pasar Modal, Apa Itu? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Obligasi Sebagai Instrumen Pasar Modal, Apa Itu?

02 min