Menyusun Teks Ulasan, Perhatikan Langkah Berikut!

Menyusun Teks Ulasan, Perhatikan Langkah Berikut!

Kebanyakan orang jika ingin membeli buku atau menonton film biasanya akan menjadikan teks ulasan sebagai bahan pertimbangan, apakah buku atau film tersebut layak untuk dibaca ataupun ditonton. Teks ulasan adalah teks yang berisi penilaian terhadap suatu karya baik film, cerpen, puisi, novel, kesenian daerah, lagu, lukisan, drama, buku ilmu pengetahuan dan sebagainya.

Kendati demikian, dalam menyusun teks ulasan ini tidak bisa sembarangan karena harus melalui tahapan-tahapan didalamnya. Lalu apa saja tahapan dalam menyusun teks ulasan?

Pada dasarnya teks ulasan sama halnya dengan resensi. Menurut KBBI V, ulasan bermakna kupasan, tafsiran, atau komentar sedangkan resensi bermakna pertimbangan atau pembicaraan tentang buku, pendapat atau pertimbangan redaksi tentang hasil kesenian, kesusastraan, dan sebagainya.

Fungsi sosial teks ulasan, yaitu untuk memberikan rekomendasi atau pendapat subjektif mengenai kelebihan maupun kekurangan dari sebuah karya yang diulas. Selain itu, ulasan yang dihasilkan juga dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan karya yang diulas.

Dalam menyusun teks ulasan, maka ada beberapa langkah yang harus diperhatikan sehingga bisa membuat teks ulasan dengan baik dan benar. Adapun langkah untuk menyusun teks ulasan, antara lain:

Tahap prapenulisan bertujuan untuk menyiapkan bahan-bahan yang akan kamu tulis menjadi teks ulasan yang utuh. Hal yang perlu disiapkan, sebelum menulis teks ulasan antara lain :

Tahap penulisan teks ulasan akan menghasilkan teks ulasan yang utuh dan sesuai dengan struktur maupun kaidah kebahasaannya. Berikut langkah-langkah yang dilakukan pada tahap penulisan teks ulasan, antara lain :

Tahap akhir dari penyusunan teks ulasan yaitu tahap pascapenulisan. Pada tahap ini, pengulas memeriksa kembali tulisannya. Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :

Menyusun Teks Ulasan, Perhatikan Langkah Berikut! - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Menyusun Teks Ulasan, Perhatikan Langkah Berikut!

01 min