Menghitung Luas Permukaan Prisma

Menghitung Luas Permukaan Prisma

Apakah kamu pernah memperhatikan bangunan atap rumah? Jika diperhatikan bangunan atap rumah merupakan implementasi penerapan dari salah satu bangun ruang yaitu prisma. Jika melihat prisma dalam ilmu matematika maka kita akan dihadapkan pada soal volume maupun luas permukaan. Nah, bagaimana menghitung luas permukaan prisma ini?

Prisma merupakan bangun ruang yang dibatasi oleh dua buah bangun datar yang kongruen dan sejajar dihubungkan oleh rusuk tegak. Dua buah bangun datar yang kongruen dan sejajar merupakan bidang alas dan atas. Sedangkan bangun yang menghubungkan bidang alas dan atas disebut sisi tegak.

Pada dasarnya prisma memiliki beberapa sifat dan hal ini akan terlihat pada beberapa unsur tertentu seperti bentuk dan menghitung rumusnya. Adapun sifat dari prisma antara lain :

Sementara itu, sebuah prisma yang memiliki sisi alas dan atas berupa persegi panjang memiliki nama khusus yaitu balok. Untuk prisma yang semua sisinya berukuran sama maka dikenal sebagai kubus. Penamaan prisma lainnya disesuaikan dengan bentuk alasnya, seperti prisma segitiga, prisma segi lima, dan prisma segi enam.

Berdasarkan pengertian luas permukaan prisma, maka ini dapat disesuaikan dengan bentuk alas prisma. Secara umum ini dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut ini :

Luas permukaan prisma = 2 x luas alas + keliling alas x tinggi prisma

Contoh Soal

Tentukan luas permukaan prisma segitiga berikut ini :

Sisi alas dan sisi atas prisma berbentuk segitiga, maka :

Luas alas                          = ½ x 24 m x 7 m = 84 m2

Keliling alas                     = 7 m + 24 m + 25 m = 56 m

Luas permukaan prisma = (2 x luas alas) + (keliling alas x tinggi prisma)

= (2 x 84) + (56 x 2)

= 168 + 112

= 280 m2

Jadi luas permukaan prisma adalah 280 m2

 

Menghitung Luas Permukaan Prisma - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Menghitung Luas Permukaan Prisma

01 min