Mengenal Format SVG

Mengenal Format SVG

Nah, meski demikian ada lho format yang tidak memiliki kotak pixel tersebut, yaitu SVG. Tidak heran juga kalau format SVG sering dipakai para desainer grafis sekarang ini.

Kalau Anda penasaran, seperti apa sih format SVG, dan apa saja kelebihannya, berikut akan saya jelaskan di artikel ini.

SVG adalah singkatan dari Scalable Vector Graphics. Merupakan salah satu jenis format grafis yang tersusun dari teks XML (Extensible Markup Language).

Dari teks XML ini, nantinya akan tergambar bentuk, garis, titik dan atribut grafis lainnya. Format ini sendiri sudah ada sejak dari tahun 1990-an, saat itu dikembangkan World Wide Web Consortium (W3C).

Tapi format SVG ini baru populer pada tahun 2017-an, terutama di Indonesia. Alasannya dikarenakan tidak adanya pixels serta ukuran file-nya yang relatif lebih kecil untuk di-upload ke internet.

Apa saja alasan kenapa kita harus memakai format SVG? Nah, berikut beberapa di antaranya:

Karena tidak tersusun dari pixel, membuat gambar pada format SVG menjadi tidak pecah. Meskipun Anda zoom in gambarnya dari jarak dekat sekalipun.

Selain tidak pecah, menariknya kualitas gambar dari format SVG ini juga akan tetap sama walau Anda memakai perangkat yang berbeda ketika membuka gambarnya.

Selanjutnya ukuran file gambar SVG juga cenderung lebih kecil. Hal ini bisa jadi kelebihan tersendiri ketika gambar tersebut ingin di-upload ke internet.

Contoh perbandingan size-nya:

SVG merupakan format gambar yang memiliki kualitas tinggi, serta dapat dicetak di berbagai resolusi tanpa perlu khawatir mengurangi kualitas gambarnya.

Hal ini dikarenakan gambar SVG terbuat dari teks XML. Dimana teks tersebut yang menjadi basis dari gambarnya.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat gambar dengan format SVG. Yaitu membuat desainnya langsung atau dengan cara convert. Berikut penjelasan lengkapnya:

Kalau Anda bisa mendesain sendiri, format SVG bisa diatur langsung melalui aplikasi desain grafisnya. Contoh aplikasinya seperti:

Juga tidak harus PC. Sekarang sudah banyak juga kok, aplikasi Android yang bisa dipakai untuk membuat gambar dengan format SVG.

Selain cara manual, format SVG juga bisa didapat dengan cara convert gambar dari format lain (misalnya PNG). Di sini kita tidak memakai aplikasi, melainkan melalui situs.

Berikut cara convert gambar ke format SVG:

1. Pertama, silakan buka situs convertio.co.

2. Kemudian klik tombol Pilih File.

3. Lanjut pilih gambar yang ingin Anda convert.

4. Klik tombol Open untuk upload gambar.

5. Atur format output menjadi SVG. Kalau sudah, klik tombol Konversi.

6. Tunggu beberapa saat sampai prosesconvert selesai.

7. Terakhir, klik tombol Download untuk menyimpan hasil gambar format SVG tadi.

8. Selesai.

Selain situs Convertio, ada banyak juga situs lain yang punya fungsi serupa. Misalnya Freeconvert, Onlineconvertfree, Anyconv dan sebagainya. Silakan dicoba saja ya.

Format SVG bisa dibilang saat ini pemakaiannya tidak sebanyak format gambar lain, seperti JPG maupun PNG. Tapi, untuk kebutuhan tertentu format SVG sangatlah direkomendasikan.

Terutama untuk Anda yang memang butuh gambar dengan resolusi tinggi, serta tidak pecah ketika ingin diperbesar dalam jarak dekat sekalipun.

Kalau masih ada yang kurang dipahami terkait pembahasan ini, jangan ragu untuk bertanya ke saya melalui kolom komentar ya.

Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Mengenal Format SVG

02 min