Membuat dan Menghilangkan Sifat Kemagnetan, Caranya?

Membuat dan Menghilangkan Sifat Kemagnetan, Caranya?

Pernahkah kamu sulit untuk mencari benda-benda berbahan besi atau logam seperti jarum ditempat-tempat tersembunyi? Jalan keluarnya bisa dengan memanfaatkan gaya magnet, sehingga jarum tersebut dapat tertarik keluar. Magnet merupakan benda yang mampu untuk menarik benda di sekitarnya. Lalu bagaimana caranya jika kita ingin membuat dan menghilangkan sifat kemagnetan?

Dilansir dari Wikipedia, magnet merupakan suatu objek yang di dalamnya terdapat medan magnet. Pada dasarnya magnet memiliki banyak sekali fungsi untuk membantu kerja manusia, diantaranya menarik benda yang berasal dari logam dengan ukuran kecil, menghasilkan listrik, sebagai penunjuk arah dan lain sebagainya.

Magnet memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub magnet merupakan daerah di sekitar magnet yang memiliki daya tarik paling kuat. Sifat-sifat kutub magnet yaitu jika kutub-kutub yang sejenis didekatkan maka akan tolak menolak sedangkan jika kutub magnet berlawanan jenis didekatkan maka akan saling tarik menarik.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan terhadap benda-benda yang dapat dibuat menjadi magnet, diantaranya :

Ketika suatu magnet didekatkan dengan batang besi atau batang baja, maka batang tersebut akan memperoleh sifat magnet. Ujung magnet yang dekat magnet akan memiliki arah yang berlawanan dengan ujung magnet karena magnet dan besi saling tarik menarik, sehingga ujung besi yang dekat dengan kutub selatan magnet menjadi kutub utara.

Ketika material magnetik yang mendapat sifat magnet, material tersebut akan mampu menarik benda-benda lain disekitarnya yang sama-sama dapat dibuat magnet, contohnya seperti paku dan kawat. Cara untuk mendapatkan magnet atau memperoleh sifat magnet seperti ini disebut dengan induksi magnet.

Menghilangkan Sifat Magnet

Selain untuk membentuk magnet, kita juga bisa membuat dan menghilangkan sifat kemagnetan suatu benda. Adapun caranya bisa dengan memukul batang magnet dengan palu atau memukulkan batang magnet ke lain.

Selain itu, membuat dan menghilangkan sifat kemagnetan bisa dengan cara lainnya yaitu memanaskan batang magnet atau dengan cara memasukkan batang magnet ke dalam kumparan arus AC.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa magnet-magnet yang kehilangan sifat kemagnetannya karena dihilangkan sifat magnetnya merupakan magnet sementara. Sedangkan ketika magnet dihilangkan sifat magnetnya namun tidak kehilangan sifat kemagnetannya merupakan magnet tetap. Sedangkan untuk magnet-magnet yang terbuat dari baja termasuk magnet permanen.

 

Membuat dan Menghilangkan Sifat Kemagnetan, Caranya? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Membuat dan Menghilangkan Sifat Kemagnetan, Caranya?

01 min