Melihat Dampak Sosial Modernisasi

Melihat Dampak Sosial Modernisasi

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi semakin memudahkan kehidupan manusia. Disinilah salah satu dampak sosial dari modernisasi terlihat. Apalagi, masyarakat saat ini dikenal dengan masyarakat modern sebagai hasil dari proses modernisasi yang terjadi. Karena perubahan zaman menyebabkan banyak cara dan peralatan lama tergantikan dengan cara dan peralatan baru yang lebih canggih. Lalu apa saja dampak sosial modernisasi ini?

Pada dasarnya modernisasi merupakan proses perubahan dari suatu hal yang belum maju berubah ke arah yang lebih maju. Modernisasi dapat dikatakan pula sebagai proses transformasi menuju kemajuan atau peningkatan dalam berbagai aspek kehidupan yang ada di masyarakat.

Sementara, masyarakat modern adalah masyarakat yang sebagian besar warganya mempunyai orientasi nilai budaya yang terarah ke kehidupan dalam peradaban masa kini.

Umumnya dalam suatu perubahan memiliki dampak tersendiri baik negatif maupun positif, begitupula dengan modernisasi yang bisa menimbulkan beberapa dampak sosial. Adapun dampak sosial modernisasi yang terlihat jelas adalah adanya usaha manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Teknologi komunikasi dan informasi adalah kebutuhan manusia yang berkembang pesat. Kini ruang dan waktu tidak dapat membatasi teknologi komunikasi. Satelit pertama Indonesia diluncurkan pada tahun 1976. Sampai saat ini, Indonesia telah meluncurkan satelitnya sebanyak 8 kali. Satelit terakhir yang diluncurkan adalah satelit Telkom 3S pada tahun 2017.

Disamping itu, dahulu ponsel genggam belum hadir, sehingga proses bertukar pesan dengan orang yang jauh hanya dapat dilakukan melalui surat yang diantarkan oleh kurir dan membutuhkan waktu lama, namun sekarang tidak perlu membuang waktu karena teknologi sudah begitu canggih bisa lewat email maupun pesan singkat di ponsel.

Perkembangan teknologi ini cukup berpengaruh signifikan terhadap kehidupan masyarakat sehari-hari. Contohnya, pada teknologi industri, hasil produksi berkualitas tinggi dapat dengan mudah dilipat gandakan dan di distribusikan kemana saja.

Selanjutnya, dampak sosial modernisasi adalah adanya perubahan pada pola pikir masyarakat. Masyarakat modern cenderung memiliki pola pikir yang terbuka dalam menerima perubahan dan hal-hal yang baru.

Namun, kemajuan teknologi akibat dampak sosial modernisasi juga menimbulkan kesenjangan di masyarakat. Konflik yang timbul adalah ketika masyarakat yang tidak mampu menggunakan teknologi semakin tertinggal. Contoh lain adalah masuknya pengaruh asing yang kurang sesuai dengan norma masyarakat di Indonesia, sehingga menimbulkan gesekan pada kehidupan masyarakat.

Dampak lain dari modernisasi adalah adanya pencemaran lingkungan. Kemajuan teknologi industri yang menggunakan perangkat canggih sebagai pengganti manusia menciptakan limbah dan polusi.

Selain itu, meningkatnya jumlah pengangguran di Indonesia juga dikarenakan oleh hal ini. Dengan meningkatnya jumlah pengangguran, banyaknya tindakan kriminalitas dan kekerasan di masyarakat tidak dapat dihindarkan.

Melihat Dampak Sosial Modernisasi - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Melihat Dampak Sosial Modernisasi

02 min