Melihat Cara Kerja Stopwatch

Melihat Cara Kerja Stopwatch

Dalam berbagai kegiatan olahraga, alat penghitung waktu atau sering disebut stopwatch menjadi sebuah alat yang wajib digunakan. Selain akurasinya, menggunakan stopwatch sangat efektif dalam menghitung durasi waktu yang diperlukan dalam olahraga. Lalu, bagaimana cara kerja stopwatch?

Dalam pengertiannya, stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan dalam kegiatan. Perangkat ini di gunakan ketika periode waktu harus diukur dengan tepat dan komplikasi yang minimal.

Stopwatch juga hadir sebagai fungsi tambahan pada  jam tangan digital, ponsel, pemutar musik portabel, dan komputer.

Jenis Stopwatch

Jenis stopwatch ini merupakan jenis stopwatch manual yang menggunakan jarum penunjuk sebagai penunjuk hasil pengukuran, jarum penunjuk tersebut seperti pada arloji.

Stopwatch analog berfungsi sebagai alat untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan dalam suatu kegiatan.

Selain itu, dalam ilmu kimia stopwatch juga dapat digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang dibutuhkan oleh suatu larutan agar dapat mengalami perubahan suhu. Sementara, dalam praktikum fisika, stopwatch sering digunakan.

Stopwatch digital merupakan jenis stopwatch yang menggunakan layar atau monitor sebagai penunjuk hasil pengukuran. Waktu hasil pengukuran dapat kita baca hingga satuan detik.

Cara Kerja Stopwatch

Stopwatch analog mempunyai penunjuk seperti jarum jam dan mempunyai dua buah tombol yaitu tombol start atau stop dan tombol kalibrasi. Perhitungan waktu pada stopwatch analog ini berdasarkan gerakan mekanik.

Sistem yang mekanik sangat sulit diubah, (ditambah atau dikurang) karena peletakan komponen-komponennya memerlukan presisi yang sangat tinggi.

Pada stopwatch analog ini tidak memakai baterai, sehingga jika sewaktu-waktu stopwatch analog ini mati (jarumnya tidak bergerak saat ditekan tombol start), maka hal yang perlu dilakukan adalah memutar tombol start pada stopwatch tersebut.

Bagian-Bagian Stopwatch Analog :

Car kerja stopwatch Analog:

Saat tombol start ditekan penahan pegas pertama akan terbuka sehingga gerigi berputar dan pegas pertama akan terkalibrasi secara periodik. Sehingga jarum bergerak.

Pada saat yang sama pegas kedua tertekan sehingga tercipta kombinasi kerja secara mekanik. Pada saat kalibrasi penekan pegas akan membuat pegas kedua terkalibrasi sehingga pegas pertama kembali ke tertekan seperti semula. Dan jarum kembali ke posisi nol.

Stopwatch digital merupakan jenis stopwatch yang menggunakan layar/monitor sebagai penunjuk hasil pengukuran, seperti jam digital dimana berhitungan waktu berdasarkan perhitungan elektronik.

Stopwatch Digital Otomatis Peka Cahaya dapat dibuat dengan menggunakan sensor cahaya sebagai saklar elektronik untuk menentukan awal dan akhir pencatatan rangkaian pencacah digital dengan ketelitian 0,0001 sekon atau 0,1 ms.

Adapun bagian-bagian dan dari stopwatch digital adalah sebagai berikut :

1. Terdapat 4 digit tampilan waktu menunjukkan menit (“M”) dan waktu detik (“S”)

2. Timer dapat diprogram maksimum sampai 99 menit, 59 detik dan menghitung mundur

3. Bel alarm output saat waktu menghitung mundur ke nol

4. Timer ini juga dapat berfungsi sebagai memory recall.

Cara kerja stopwatch digital adalah sebagai berikut :

Cara kerja stopwatch digital dimulai saat tombol dalam keadaan ON arus dari sumber tegangan (baterai) akan mengalir ke komponen-komponen elektronik dalam stopwatch digital.

Komponen-komponen elektronik tersebut yang melakukan perhitungan waktu dan menampilkannya dalam monitor dalam bentuk angka digital.

 

Melihat Cara Kerja Stopwatch - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Melihat Cara Kerja Stopwatch

02 min