Karakteristik Negara Anggota ASEAN (Malaysia)

Karakteristik Negara Anggota ASEAN (Malaysia)

Negara anggota ASEAN. Karakteristik antara negara yang satu dan lainnya di dalam ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) bisa dibilang sangat beragam. Walaupun berada di kawasan Asia Tenggara, setiap negara memiliki keunikan masing-masing. Nah, jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai Indonesia, kali ini giliran negara Malaysia yang merupakan tetangga serumpun Indonesia.

Sebagai informasi, ASEAN adalah organisasi yang mewadahi negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Dibentuknya organisasi ini dilandaskan dari berbagai tujuan, salah satunya adalah agar negara-negara di Asia Tenggara bisa saling bekerja sama.

Saat ini ASEAN beranggotakan 10 negara, termasuk Malaysia. Negara ini dijuluki sebagai negeri Jiran dan merupakan negara tetangga Indonesia serta masih memiliki satu rumpun melayu yang cukup kental. Malaysia memiliki ikon yang cukup terkenal, yaitu menara kembar yang tinggi.

Seperti halnya negara anggota ASEAN lainnya, Malaysia juga memiliki karakteristik, yaitu:

Nama Resmi                  : Malaysia

Ibu kota                         : Kuala Lumpur

Pemerintahan                : Monarki Konstitusional

Kepala Negara               : Raja Tuan Agung Sultan Abdul Halim Muadzan Shah

Kepala Pemerintahan     : Perdana Menteri (PM)

Bahasa Utama                : Melayu, Tamil, Inggris, Tiongkok

Penduduk                       : 32,801 juta jiwa menurut tahun 2015

Mata Uang                     : Ringgit

Agama                           : Islam, Buddha, Kristen, Hindu, dan Tao

Lagu Kebangsaan          : Negaraku

Selain karakteristik di atas, Malaysia juga memiliki karakteristik sekunder yang lain, diantaranya:

Keadaan alam

Malaysia memiliki iklim tropis yang ditandai dengan curah hujan tinggi sepanjang tahun. Tofografi Malaysia bagian barat diliputi oleh bentukan pegunungan. Lahan banyak digunakan untuk menanam sawit sedangkan dataran pantai Malaysia Timur umumnya sempit, berawa-rawa, dan memiliki sungai-sungai yang pendek.

Perekonomian

Perekonomian utama Malaysia banyak bergantung pada hasil pertanian dan perkebunan, seperti sawit. Sumber devisa terbesar bagi negara adalah minyak dan gas ditambah hasil perkebunan karet yang melimpah.

Sumber Daya Alam

Hasil pertanian terutama untuk memenuhi kebutuhan pokok yaitu padi dan sayur. Sedangkan dari perkebunan hasil utamanya adalah karet dan sawit. Pada bidang pertambangan, Malaysia banyak menghasilkan bauksit, batu bara, tembaga, dan perak.

Kerjasama

Malaysia terlibat aktif dalam beberapa organisasi internasional seperti ADB, ASEM, FAO, IBRD, APEC, WHO dan lain sebagainya.

Karakteristik Negara Anggota ASEAN (Malaysia) - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Karakteristik Negara Anggota ASEAN (Malaysia)

01 min