Karakteristik Negara Anggota ASEAN (Brunei Darussalam)

Karakteristik Negara Anggota ASEAN (Brunei Darussalam)

Negara ASEAN (Association of South East Asian Nations) terdiri atas negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Meski berada di satu kawasan, nyatanya negara-negara ini  memiliki karakteristik masing-masing yang menjadi ciri khas negara-negara tersebut,. Jika pada materi sebelumnya kita sudah membahas tentang Indonesia dan Malaysia, kali ini giliran negara Brunei Darussalam yang terkenal sebagai negara ekonomi terkaya di Asia Tenggara.

Sebagai informasi, ASEAN adalah organisasi yang mewadahi negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Dibentuknya organisasi ini dilandaskan dari berbagai tujuan, salah satunya adalah agar negara-negara di Asia Tenggara bisa saling bekerja sama.

Saat ini ASEAN beranggotakan 10 negara, termasuk Brunei Darussalam. Negara kecil satu ini merupakan negara tetangga Indonesia, dan berada di bagian utara pulau Kalimantan. Brunei Darussalam menjadi salah satu negara dengan ekonomi terkaya dan sukses di Asia Tenggara karena melimpahnya cadangan minyak dan gas alam.

Seperti halnya negara anggota ASEAN lainnya, Brunei Darussalam juga memiliki karakteristik, antara lain :

Nama Resmi         : Negara Brunei Darussalam

Ibu Kota                 : Bandar Seri Begawan

Pemerintahan       : Kesultanan

Kepala Negara       : Sultan

Bahasa Utama       : Melayu (resmi), Inggris, Tiongkok

Agama Utama        : Islam (resmi), Budha, Kristen

Rakyat                      : Bangsa Melayu

Mata Uang              : Dollar Brunai

Lagu Kebangsaan   : Allah Peliharakan Sultan

Hari Kemerdekaan : 1 Juni 1984

Keadaan Alam

Brunai Darussalam merupakan salah satu negara yang sempit dengan luas wilayah kurang lebih 5,765 kilometer persegi. Sama seperti Indonesia Brunai Darussalam memiliki iklim tropis.

Perekonomian

Kegiatan perekonomian Brunai ditopang oleh hasil minyak dan gas bumi. Daerah pertambangan minyak bumi terdapat di Seria, Ampar fan Jerudong. Industri yang memberikan kontribusi bagi devisa negara merupakan tekstil, makanan dan minuman, serta bahan bangunan. Brunai melakukan impor mesin dan peralatan transportasi serta bahan-bahan kimia untuk kepentingan transportasi darat, laut, dan udara.

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam andalan sekaligus yang terbesar di Brunai adalah minyak dan gas bumi. Selanjutnya diikuti oleh sumber daya alam berupa hasil laut yaitu ikan. Sedangkan hasil pertanian yang banyak diusahakan adalah petani, padi, sagu, dan ubi kayu.

Kerjasama

Brunai melakukan kerjasama internasional dengan beberapa organisasi seperti WTO, OPEC, APEC, dan OKI. Dengan Indonesia Brunai melakukan kerjasama ekspor seperti kapas, baja, dan besi. Sedangkan kegiatan impor berupa semen dan bahan bangunan secara umum.

 

 

 

Karakteristik Negara Anggota ASEAN (Brunei Darussalam) - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Karakteristik Negara Anggota ASEAN (Brunei Darussalam)

01 min