Kamu Mahasiswa? Berikut Cara Cepat Cek Kuota Belajar Kemendikbud

Kamu Mahasiswa? Berikut Cara Cepat Cek Kuota Belajar Kemendikbud

Guna menunjang kelancaran program pembelajaran secara daring, Kemendikbud sudah menyalurkan sejumlah bantuan kuota data internet bagi pihak yang berhak menerima. Termasuk bagi Anda yang sedang menempuh pendidikan sebagai mahasiswa. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara cek kuota belajar Kemendikbud apakah sudah masuk atau belum.

Pemerintah melakukan kerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) sudah menyalurkan bantuan kuota data untuk pembelajaran jarak jauh. Para pengguna provider seperti Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Axis, dan juga Tri berhak mendapatkan bantuan kuota sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Ketentuan Bantuan Kuota Belajar Dari Kemendikbud

Seiring diberlakukannya pembelajaran jarak jauh atau sekolah daring, Kemendikbud memutuskan untuk memberikan bantuan kuota pada pihak yang terlibat dalam pendidikan. Bantuan tersebut diberikan kepada siswa, mahasiswa, dan juga tenaga pengajar.

Bantuan kuota ini nantinya akan diberikan dalam dua jenis berbeda yakni kuota umum dan juga kuota belajar. Kuota umum bisa dipakai untuk mengakses situs dan aplikasi apapun. Sedangkan kuota belajar, bisa digunakan untuk mengakses situs atau aplikasi yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. Misalnya Quipper, MauBelajarApa, dan lain sebagainya.

Bantuan kuota internet tersebut akan dibagi menjadi beberapa kategori berbeda menurut jenjang pendidikannya. Semakin tinggi jenjang pendidikan, maka umumnya bantuan kuota data yang akan didapatkan pun akan menjadi lebih besar.

Jenjang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) akan mendapatkan bantuan kuota sebesa 20GB per bulan. Kuota tersebut nantinya akan terbagi ke dalam 5 GB kuota umum dan 15 GB kuota belajar.

Sementara itu, untuk siswa SD dan Sekolah Menengah akan mendapatkan bantuan internet sebesar 35 GB perbulan. Data internet tersebut akan terbagi menjadi 5 GB untuk kuota umum dan 30 GB untuk kuota belajar.

Para tenaga pendidik pun akan mendapatkan bantuan kuota data internet sesuai dengan jenjang pendidikan yang diampu. Untuk pendidik jenjang PAUD, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah, akan mendapatkan jatah sebesar 42 GB setiap bulan. Kuota tersebut terbagi menjadi 5 GB kuota umum dan 37 GB untuk kuota belajar.

Tak ketinggalan para Mahasiswa dan Dosen pun akan mendapatkan bantuan kuota data internet sebesar 50 GB. Bantuan data internet tersebut terbagi menjadi 5 GB kuota umum dan 45 GB untuk kuota belajar.

Dengan adanya bantuan kuota data internet tersebut tentunya akan bisa memberikan kemudahan bagi Anda dalam menjalani pembelajaran jarak jauh. 

Cara Mendaftar Bantuan Kuota Data Internet Kemendikbud

Sebelum mengulas tentang cara cek kuota belajar Kemendikbud, mungkin masih banyak diantara Anda yang bertanya mengenai mekanisme pendaftarannya. Sebenarnya tidak ada trik khusus yang diperlukan untuk pendaftaran bantuan ini.

Untuk bisa mendapatkan bantuan kuota internet dari Kemendikbud, nomor telepon Anda haruslah sudah terdaftar di Dapodik. Untuk mengecek apakah nomor Anda sudah terdaftar atau belum, silakan terlebih dahulu menghubungi pihak sekolah atau kampus. Jika belum terdaftar, Anda bisa langsung melakukan pendaftaran nomor ke pihak tersebut.

Kalau sudah terdaftar, Anda hanya perlu menunggu agar bantuan kota tersebut masuk ke nomor yang didaftarkan ke Dapodik. Maka dari itu, pastikan kalau nomor yang didaftarkan adalah nomor yang benar dan memang masih aktif.

Cara Cek Kuota Belajar Kemendikbud All Operator

Bagi Anda yang mendapatkan bantuan kuota paket data dari Kemendikbud, berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa digunakan untuk mengeceknya.

Sudah bukan rahasia lagi kalau Telkomsel merupakan salah satu provider telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan jumlah pelanggan yang sangat besar. Telkomsel sendiri merupakan anak perusahaan Telkom yang secara khusus membidangi usaha telekomunikasi.

Para pengguna provider Telkomsel yang memang memenuhi syarat, maka akan bisa mendapatkan bantuan kuota data internet. Nantinya Anda bisa melakukan pengecekan bantuan kuota data internet tersebut dengan cara mengakses kode dial *888#.

Kalau sudah terdaftar sebagai penerima bantuan kuota, maka Anda akan mendapatkan informasi melalui SMS. Isi dari SMS tersebut umumnya merupakan pemberitahuan bahwa nomor yang Anda miliki sudah mendapatkan pembagian kuota internet.

Selain melakukan pengecekan melalui bantuan dial up, Anda juga bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan bantuan aplikasi MyTelkomsel. Caranya pun sangat mudah karena Anda hanya perlu login ke dalam akun MyTelkomsel. Pada halaman beranda, nantinya akan muncul informasi detail mengenai kuota internet yang Anda miliki dari Kemendikbud tersebut.

Bagi Anda para pengguna provider Indosat, bisa melakukan pengecekan kuota bonus bantuan dari pemerintah dengan memanfaatkan fitur dial up dan jug aplikasi myIM3. Nantinya Anda bisa melihat detail kuota bonus yang diberikan tersebut secara praktis dan juga mudah.

Jika ingin mengecek bonus kuota lewat aplikasi, Anda cukup login ke dalam aplikasi myIM3 dan kemudian cek pada bagian detail kuota internet. Nantinya akan muncul pemberitahuan dan info lengkap mengenai kuota yang Anda miliki.

Selain melalui aplikasi MyIM3, Anda juga bisa melakukan pengecekan melalui fitur panggilan cek pulsa di *123#. Kemudian Anda bisa mengikuti petunjuk selanjutnya untuk proses pengecekan bonus kuota internet dari pemerintah tersebut.

Kalau Anda termasuk pengguna provider internet dari XL Axiata ataupun Axis, juga bisa melakukan pengecekan bonus kuota internet secara mudah. Caranya bisa melalui aplikasi ataupun juga bisa melalui panggilan cek pulsa di ponsel yang Anda miliki.

Bagi pengguna XL, bisa cek menggunakan aplikasi MyXL sedangkan pengguna Axis bisa mengecek di aplikasi AxisNet. Cara pengecekan bonus kuota bantuan di aplikasi XL dan Axis pun sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan cara pengecekan pada umumnya.

Anda hanya perlu login ke dalam aplikasi masing-masin provider tersebut dan kemudian cek pada bagian kuota internet. Nantinya akan muncul detail bonus kuota data internet yang Anda dapatkan dari bantuan Kemendikbud tersebut.

Tidak hanya menggunakan aplikasi, Anda juga bisa melakukan pengecekan bonus internet tersebut melalui fitur panggilan cek pulsa di *123#. Kalau Anda sudah menerima bantuan kuota data internet dari pemerintah, umumnya akan mendapatkan pemberitahuan yang dikirim via SMS.

Seperti provider besar lainnya, 3 (Tri) juga menyediakan cara praktis dan mudah bagi para penggunanya untuk mengecek bonus kuota data internet dari Kemendikbud. Opsi yang diberikan adalah pengecekan melalui aplikasi Bima+ dan juga fitur panggilan atau dial up.

Untuk mengecek bonus data dari aplikasi, Anda bisa melakukannya dengan cara login ke dalam Bima+. Nantinya Anda akan bisa melihat detail kuota data yang Anda miliki di tampilan layar tersebut.

Kalau ingin menggunakan fitur dial up, Anda bisa menggunakan fitur *123# dan mengikuti petunjuk selanjutnya di layar Anda.

Itulah beberapa cek kuota belajar Kemendikbud all operator yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, Anda tidak perlu bingung dan khawatir lagi kalau ingin melakukan pengecekan kuota data internet bantuan dari Pemerintah.

Posting Kamu Mahasiswa? Berikut Cara Cepat Cek Kuota Belajar Kemendikbud .


Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Kamu Mahasiswa? Berikut Cara Cepat Cek Kuota Belajar Kemendikbud

04 min