Jelaskan Teori Pertumbuhan Ekonomi Menurut Adam Smith

Jelaskan Teori Pertumbuhan Ekonomi Menurut Adam Smith

Ekonomi suatu negara dapat dikatakan bertumbuh jika mengalami peningkatan aktivitas perekonomian hingga pendapatan nasional. Untuk memahami lebih jauh mengenai pertumbuhan ekonomi ini ada beberapa ahli yang mengemukakan teori pertumbuhan ekonomi, salah satu yang terpopuler adalah teori pertumbuhan ekonomi Adam Smith.

Pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan dengan kondisi perekonomian di dalam suatu negara secara berkesinambungan yang menuju pada keadaan yang lebih baik selama dalam periode tertentu. Disamping itu, pertumbuhan ekonomi dapat dimaksud juga dengan proses kenaikan kapasitas produksi pada suatu perekonomian yang dibentuk kedalam kenaikan pendapatan nasional.

Pada dasarnya pertumbuhan ekonomi bersifat kuantitatif, dan dalam perjalanannya teori pertumbuhan ekonomi dibagi menjadi dua yaitu teori historis dan teori klasik. Nah, pada materi kali ini kita akan membahas mengenai teori pertumbuhan klasik yang dikemukakan oleh Adam Smith.

Teori pertumbuhan ekonomi klasik beranggapan bahwa suatu negara akan mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi seiring bertambahnya populasi serra sumber daya yang semakin terbatas. Adam Smith adalah tokoh ahli yang mengemukakan teori pertumbuhan ekonomi klasik.

Dalam teori pertumbuhan ekonomi Adam Smith dijelaskan pentingnya sebuah sistem ekonomi liberal dalam menentukan suatu pertumbuhan ekonomi. Sistem ini menerapkan sistem ekonomi yang bebas tanpa adanya campur tangan dari pemerintah.

Adam Smith menyatakan bahwa dengan adanya sistem ini negara dapat membuat pertumbuhan ekonomi yang maksimum. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dalam teori Adam Smith, yaitu :

Semakin banyak jumlah penduduk dalam suatu negara akan membuat tingkat pertumbuhan ekonomi menjadi lebih besar. Bersamaan dengan itu, output total yang melindungi barang dan jasa dipengaruhi juga oleh tiga faktor penting yaitu sumber daya alam, jumlah persediaan barang, dan juga tenaga kerja.

Untuk menghasilkan pertumbuhan output, dengan jumlah tenaga kerja yang besar maka pengelolaan sumber daya pun akan semakin menjadi lebih besar. Adam Smith menyatakan jika pengelolaan sumber daya alam dapat dimaksimalkan maka akan menghasilkan pertumbuhan output yang juga maksimal.

Selanjutnya karena pertumbuhan output yang dimanfaatkan secara maksimum, maka hal tersebut memiliki sebuah pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi negara.

 

Jelaskan Teori Pertumbuhan Ekonomi Menurut Adam Smith - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Jelaskan Teori Pertumbuhan Ekonomi Menurut Adam Smith

01 min