Jelaskan Tentang Apa Itu Aplikasi Utility?

Jelaskan Tentang Apa Itu Aplikasi Utility?

Di era teknologi ini, siapa sih yang tidak pernah menggunakan komputer? Tapi jika dihadapkan pada istilah seperti aplikasi utillity, pasti akan asing terdengar di telinga. Padahal, aplikasi utility ini sering sekali kita temui saat menggunakan komputer. Lalu, apa ini sebenarnya?

Aplikasi utility merupakan suatu perangkay lunak atau software yang khusus dibuat untuk dapat membantu suatu proses analisis, melakukan konfigurasi, optimasi dalam melakukan perawatan komputer.

Aplikasi ini berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan atau kelemahan dari sistem operasi. Misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterangan dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan.

Aplikasi ini sangat dibutuhkan keberadaannya karena dapat menjadi suatu upaya dalam pencegahan, ketika tiba-tiba terjadi kesalahan ataupun eror. Ada beberapa aplikasi utility yang wajib ada di komputer, diantaranya:

Disk compression adalah perangkat lunak utilitas yang terletak sebagai jembatan antara sistem operasi dengan disk drive. Disk compression sendiri dapat bertindak untuk melakukan compres atau decompress. Fungsi ini bergantung pada kondisi berikut :

Salah satu keuntungan adanya disk compression adalah dapat mengefektifkan kapasitas penyimpanan dalam disk.

Aplikasi ini digunakan untuk pengecekan dan pembersih suatu disk dengan cara memeriksa harddisk dari berbagai kerusakan serta memeriksa berbagai file yang berada dibagian harddisk yang rusak tersebut, sehingga tidak ada file yang hilang atau tidak bisa diakses.

Perangkat lunak akan memperbaiki harddisk mengalami boot sector, memperbaiki partisipasi yang rusak, melakukan recovery pada data yang terhapus dan menyalin file dari partisi yang rusak.

Disk defragmenter merupakan sebuah tools atau peralatan yang dimiliki oleh sebuah harddisk defragmenterisk secara mandiri. Selain merupakan salah satu tools bawaan dari sebuah harddisk defragmenterisk, sebuah fitur disk defragmenter  juga dapat ditemui pada sistem operasi komputer yang kita gunakan.

Aplikasi ini digunakan untuk menyediakan informasi kepada pengguna tentang aplikasi yang telah di install di komputer dan perangkat keras yang terhubung ke sistem. Aplikasi ini juga sebagai tools yang membantu untuk mengetahui kondisi komputer ketika digunakan.

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Umumnya perangkat lunak ini berjalan di latar belakang dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).

Antivirus-antivirus terbaru tidak hanya mendeteksi virus tetapi telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi perangkat pengintai dan perangkat perusak lainnya. Tidak hanya itu, antivirus terbaru melindungi komputer dari serangan peretas dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah ke kotak masuk pengguna.

Aplikasi backup utillity adalah aplikasi yang digunakan untuk membackup data dan informasi yang ada dalam komputer. Proses ini perlu dilakukan untuk menjaga informasi agar data dan informasi tetap ada apabila gangguan atau kerusakan pada komputer.

Partisi harddisk adalah sebuah metode atau cara untuk membagi harddisk pada komputer yang bertujuan untuk pengelolan data yang lebih efektif. Adapun pengertian harddisk adalah sebuah perangkat keras untuk tempat penyimpanan data-data pada komputer.

Aplikasi ini digunakan untuk mengelola suatu koneksi pada jaringan komputer. Aplikasi ini membantu seorang administrator jaringan untuk memantau koneksi dalam jaringan, mendeteksi perangkat, menganalisis bandwith dan lain sebagainya.

Jelaskan Tentang Apa Itu Aplikasi Utility? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Jelaskan Tentang Apa Itu Aplikasi Utility?

02 min