Fungsi Keluarga Sebagai Salah Satu Lembaga Sosial

Fungsi Keluarga Sebagai Salah Satu Lembaga Sosial

Unit sosial yang terkecil dalam masyarakat dan juga sebagai institusi pertama yang dimasuki individu ketika dilahirkan adalah keluarga. Dimana, keluarga sebagai salah satu lembaga sosial ini menjadi tempat proses pengenalan jati diri serta proses sosialisasi pertama, sehingga mampu membawa individu memiliki bekal dalam berinteraksi dan bersosialisasi dengan lembaga sosial yang lebih besar, yaitu masyarakat.

Pada dasarnya, keluarga terbentuk melalui perkawinan yang sah menurut agama, adat, atau pemerintah. Adapun tahapan menjadi sebuah keluarga ada tiga (3), yaitu :

Umumnya, lembaga sosial berfungsi untuk memberikan pedoman pada anggota masyarakat tentang bagaimana setiap individu harus bersikap dalam menghadapi masalah yang muncul dan berkembang di lingkungan masyarakat. Begitupun dengan keluarga, yang merupakan unit terkecil lembaga sosial.

Keluarga berperan untuk memberikan binaan, bimbingan, dampingan, pelajaran, kepada anggota-anggotanya. Hal tersebut dilakukan agar anggotanya bisa beradaptasi dengan lingkungan secara fisik, maupun lingkungan budaya, tempat dimana keluarga tersebut tinggal.

Jika semua anggota keluarga bisa beradaptasi di tengah kehidupan masyarakat atau lembaga sosial yang lebih besar, maka kehidupan masyarakat akan tercipta menjadi kehidupan yang tenang, aman, dan tentram.

Istilahnya, jika dalam satu keluarga bisa menciptakan anggota yang mampu beradaptasi dengan lingkungan, maka mereka bisa saling bersosialisasi dengan baik dengan keluarga lainnya yang ada di lingkungan tersebut.

Berikut ini beberapa fungsi keluarga sebagai lembaga sosial:

Fungsi Keluarga Sebagai Salah Satu Lembaga Sosial - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Fungsi Keluarga Sebagai Salah Satu Lembaga Sosial

01 min