Fungsi Gigi Dalam Sistem Pencernaan Makanan

Fungsi Gigi Dalam Sistem Pencernaan Makanan

Makanan pertama kali masuk dalam tubuh melalui mulut. Di dalam mulut terdapat beberapa bagian yang berperan dalam proses pencernaan, salah satunya gigi. Fungsi gigi dalam sistem pencernaan sangat penting, sehingga kita bisa menyerap nutrisi dan menjadi makanan yang dimakan sebagai sumber energi bagi tubuh.

Pada dasarnya fungsi gigi dalam sistem pencernaan makanan adalah untuk memecah makanan dari ukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil. Sehingga bisa bisa membantu enzim-enzim pencernaan agar dapat mencerna lebih efisien dan cepat.

Terdapat beberapa jenis gigi yang tersusun dalam rongga mulut dengan fungsinya masing-masing. Dimana, gigi terbagi menjadi 3 macam yaitu gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham. Setiap fungsi gigi tersebut bekerjasama dengan organ lidah dalam mengolah dan mencerna makanan sampai masuk ke tenggorokan.

Gigi seri terletak di posisi depan mulut yang berfungsi untuk memotong makanan. Umumnya setiap orang memiliki 4 buah gigi seri yang terletak di bagian atas dan 4 di bagian bawah. Biasanya gigi seri menjadi gigi pertama yang muncul pada saat bayi berusia 6 bulan.

Gigi taring berfungsi untuk merobek makanan. Hal ini dikarenakan gigi taring merupakan gigi paling tajam. Setiap orang memiliki 2 gigi taring yang berada di atas mulut dan 2 di bawah.

Gigi geraham merupakan gigi paling besar dan kuat diantara lainnya. Fungsi gigi geraham untuk mengunyah makanan. Umumnya orang dewasa memiliki 8 gigi geraham yang terbagi 4 dibagian atas dan 4 di bagian bawah.

Sifat Gigi

Gigi manusia bersifat difiodon, heterodon, tekodon. Difiodon berarti manusia mengembangkan dua pasang gigi selama hidup mereka. Heterodon berarti lebih dari satu jenis gigi. Sedangkan tekodon merupakan gigi yang tertanam di soket tulang rahang yang terpisah.

Tapi, mengapa gigi manusia bersifat difiodon? Kita hanya mengembangkan dua set gigi selama waktu hidup. Set pertama adalah gigi temporer atau gugur atau gigi susu. Setelah usia tertentu atau dewasa gigi susu lepas dan digantikan gigi permanen.

Gigi susu merupakan gigi pertama yang terdapat pada anak-anak. Gigi pertama biasanya pada saat bayi berusia 6 bulan. Pada saat anak-anak sudah menginjak usia 6 tahun giginya berjumlah 20 yaitu dengan susunan 8 buah gigi seri, 4 buah gigi taring, dan 8 buah gigi geraham.

Pada saat anak menginjak usia remaja giginya mulai lepas dan berganti dengan gigi permanen. Gigi permanen berjumlah 32 buah di dalam mulut. Dengan susunan 8 buah gigi seri 4 buah taring 8 buah gigi geraham depan dan 12 buah geraham belakang.

 

Fungsi Gigi Dalam Sistem Pencernaan Makanan - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Fungsi Gigi Dalam Sistem Pencernaan Makanan

02 min