Fakultas Kedokteran Paling Diminati di Indonesia

Fakultas Kedokteran Paling Diminati di Indonesia

Menjadi seorang dokter merupakan cita-cita sebagian besar anak di Indonesia. Betapa tidak, profesi dokter dianggap sebagai profesi yang bergengsi dan mulia. Maka tak heran setiap tahunnya banyak calon mahasiswa yang ingin menimba ilmu di fakultas kedokteran. Meskipun untuk masuk ke fakultas ini bukanlah perkara mudah, ditambah harus dibarengi dengan financial yang mumpuni.

Seperti yang kita tahu, bahwa di Indonesia memiliki banyak sekali universitas pilihan baik negeri maupun swasta dengan jurusan atau fakultas kedokteran. Namun, untuk masuk ke jurusan ini memang cukup sulit karena banyaknya persaingan antara calon mahasiswa baru.

Selain itu, menjadi seorang dokter profesional juga harus melalui banyak proses hingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Lalu, dimana saja fakultas kedokteran yang paling diminati di Indonesia?

Universitas Indonesia atau UI merupakan salah satu universitas yang paling banyak diminati oleh mahasiswa baru. Salah satu yang diminati adalah fakultas kedokteran yang telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Fakultas kedokteran di Universitas Indonesia adalah jurusan kedokteran pertama di Indonesia. Maka tak salah, jika dinobatkan sebagai fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Bahkan, masuk ke dalam hasil Lembaga Pemeringkat Internasional Times Higher Education Asia University Rangkings (THE AUR) 2022 sebagai Universitas terbaik di Indonesia di bidang kedokteran.

Predikat inilah yang membuat banyak peminat calon mahasiswa ingin kuliah di kampus ini. Walaupun berlokasi di Jakarta tetapi peminatnya berasal dari seluruh wilayah Indonesia.

Tidak ada orang yang tak kenal UGM. Kampus yang terletak di Yogyakarta ini di gadang-gadang sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia dan reputasinya sudah diakui baik dikancah nasional maupun internasional.

Melihat berbagai prestasi yang telah ditorehkan, maka tak heran UGM tidak pernah sepi peminat. Salah satu fakultas yang selalu diminati adalah fakultas kedokteran. Terdapat 3 program studi kedokteran yang ada di UGM, yaitu pendidikan dokter, kedokteran gigi, dan kedokteran hewan.

Fakultas kedokteran UNAIR masuk peringkat 551 dunia dan peringkat 3 di Indonesia. Kampus yang berada di Surabaya, Jawa Timur dahulunya bernama Netherlandsch Indische Artsen School (NIAS). NIAS adalah sekolah kedokteran pertama yang didirikan pada zaman pemerintahan Hindia-Belanda di surabaya.

Urutan keempat universitas dengan fakultas kedokteran yang banyak peminatnya adalah fakultas kedokteran Atma Jaya. Fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan Unika Atma Jaya Jakarta yang berdiri pada tahun 1967 kini memiliki program studi kedokteran, program studi farmasi, program profesi kedokteran, dan magister biomedik.

Universitas ini merupakan program studi kedokteran yang memiliki Nilai Uji Kompetensi Dokter Indonesia tertinggi (empat besar di Indonesia) selain UI, UGM, dan UNAIR. Fakultas ini juga didukung oleh rumah sakit pendidikan Atma Jaya.

Universitas Tarumanegara masuk ke dalam universitas swasta dengan fakultas kedokteran yang ramai peminat. Pasalnya, memiliki akreditasi A. Selain itu, memiliki Standar Kompetensi Dokter Indonesia dan Standar Pendidikan Dokter yang update. Praktek kerja juga dilakukan di berbagai rumah sakit, klinik, puskesmas, dan sanatorium.

 

 

 

 

Fakultas Kedokteran Paling Diminati di Indonesia - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Fakultas Kedokteran Paling Diminati di Indonesia

02 min