Fakta Menarik Uang Rupiah Kertas Baru

Fakta Menarik Uang Rupiah Kertas Baru

Pemerintah dan Bank Indonesia telah resmi meluncurkan 7 pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022) pada 18 Agustus lalu di Jakarta. Ketujuh pecahan Uang Rupiah TE 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan pada  HUT-77 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022. Lantas, Apa fakta menarik dari Uang rupiah kertas baru ini?

Uang kertas Rupiah baru TE 2022 terdiri atas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp.10.000, Rp5.000, Rp.2000, dan Rp.1000. Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

Pengeluaran Uang TE 2022 yang bertepatan dengan momentum HUT RI ke-77 menjadi wujud semangat kebangsaan, nasionalisme, dan kedaulatan untuk menumbuhkan optimisme terhadap pemulihan ekonomi nasional. Hal ini selaras pula dengan tema HUT RI ke-77 : Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Dilansir laman Bank Indonesia (BI), pada Uang kertas baru ini terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Inovasi dimaksudkan agar Uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pengeluaran dan pengedaran Uang TE 2022 merupakan salah satu pelaksanaan amanat UU Mata Uang sebagai bagian dari perencanaan pemenuhan kebutuhan uang masyarakat tahun 2022 dan dengan tetap menerapkan tata kelola yang baik sesuai Undang-Undang. Adapun pengeluaran Uang TE 2022 tidak memiliki dampak pencabutan dan atau penarikan Uang Rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya.

Seluruh Uang Rupiah kertas ataupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia.

Sebagaimana diatur pada UU Mata Uang, pencabutan dan penarikan Uang Rupiah dari peredaran ditempatkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia dan diumumkan melalui media massa.

Kecanggihan

BI meningkatkan kontras warna antarpecahan uang agar semakin mudah dibedakan lalu menyeragamkan gambar watermark dengan gambar utama.

BI melakukan standarisasi desain dan tata letak unsur pengamanan serta meningkatkan selisih ukuran panjang antarpecahan dari 2 mm menjadi 5 mm.

Penggunaan benang pengaman teknologi terkini (microlenses) sebagai best practice international diklaim akan lebih sulit untuk dipalsukan. BI juga melakukan penguatan teknologi tinta berubah warna dengan menambahkan fitur magnetic link dan memiliki efek gerak dinamis pada pecahan besar (OVMI) sebagai best practice international, penguatan unsur pengaman ultraviolet (UV) dengan perluasan sebaran luas area UV dan keragaman warna.

Penggunaan teknologi coating untuk melindungi tinta agar tidak cepat pudar pada pecahan kecil Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000 diklaim akan menambah lama masa peredaran pecahan uang tersebut.

Uang TE 2022 akan menghapus uang lama dalam 4 tahun ke depan

BI memperkirakan peredaran uang lama tahun emisi 2016 akan benar-benar tergantikan oleh uang baru 2022 dalam 3-4 tahun ke depan. Dengan peluncuran uang baru 2022, maka akan menyetop pencetakan uang lama 2016 sehingga uang emisi lama ini akan semakin berkurang sampai benar-benar habis seiring berjalannya waktu. Sebab, uang emisi 2016 yang sudah tidak layak edar akan ditarik oleh BI dan digantikan dengan uang baru 2022.

Pendaftaran Online Penukaran Uang Rupiah Baru

Masyarakat dapat melakukan penukaran uang lama dengan 7 pecahan uang baru TE 2022 melalui kantor pusat BI, 46 kantor wilayah BI, dan perbankan terdekat dengan sebelumnya harus melakukaregistrasi melalui aplikasi Pintar di laman https://pintar.bi.go.id.

Masyarakat antusias dan antre menukar

Warga masyarakat sangat antusias untuk melakukan penukaran Rupiah Tahun Emisi (TE) 2022. Warga rela mengantre menukar uang rupiah baru 2022 yang disediakan Kantor Bank Indonesia (BI) dan tempat lainnya yang ditunjuk dengan sebelumnya diwajibkan untuk melakukan pendaftaran online terlebih dahulu.

Kejadian viral

Ada beberapa kejadian menarik dari beredarnya Uang TE 2022 ini. Viralnya video uang rupiah baru 2022 ditolak saat mengisi bensin disalah satu SPBU. Seorang warga mengeluhkan kalau Uang Rupiah pecahan baru ditolak saat melakukan transaksi pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM).

Kejadian viraln lainnya memperlihatkan pecahan Uang Rupiah baru ditolak mesin ATM saat setor tunai. Dalam sebuah video, awalnya tengah mencoba untuk melakukan setor tunai Uang Rupiah baru pecahan Rp100.000. Setelah uang tersebut dimasukkan ke mesin ATM, ternyata transaksi tersebut ditolak. Kejadian-kejadian ini langsung viral dan dikomentari banyak netizen.

 

Fakta Menarik Uang Rupiah Kertas Baru - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Fakta Menarik Uang Rupiah Kertas Baru

03 min