Contoh Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan – Tanpa kamu sadari kamu mungkin sering menjumpai teks ulasan atau resensi. Teks ini biasanya digunakan untuk mengulas film, buku ataupun hal lainnya. Teks ini biasanya diterbitkan atau disajikan dalam bentuk artikel. Jika kamu penasaran tentang teks ulasan, maka simak informasinya berikut ini.

Dalam KBBI, teks ulasan merupakan tafsiran, kupasan ataupun komentar. Teks ulasan berarti teks yang memberikan komentar, penjelasan dan menafsirkan dalam bentuk pendapat dan sebagainya. Biasanya karya yang diulas merupakan karya sastra, karya seni hingga artikel. Teks ini juga biasanya digunakan untuk mengulas kegiatan atau peristiwa yang dilaksanakan.

Setiap jenis teks tentu memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tujuan pembuatannya. Adapun ciri-ciri dari teks ulasan adalah sebagai berikut:

Terdapat beberapa bagian dari teks ulasan yang harus ada untuk menjadi satu kesatuan teks ulasan yang utuh. Adapun detail dari struktur teks ulasan adalah sebagai berikut:

Teks ulasan memberikan beberapa manfaat untuk pembaca. Adapun tujuan dari pembuatan teks ulasan adalah sebagai berikut:

Agar kamu dapat memahami tentang teks ulasan, maka kamu dapat melihat contoh teks ulasan. Berikut beberapa contoh yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk pembuatan teks ulasan.

Informasi Umum

Judul : Dilan 1990

Sutradara : Fajar Bustomi

Produser : Ody Mulya Hidayat

Penulis : Pidi Baiq

Distributor : Falcon Pictures

Rilis : Januari 2018

Durasi : 110 menit

Bahasa : Indonesia

Pemain

Dilan 1990 adalah film yang dibuat berdasarkan buku karya Pidi Baiq.  Film yang disutradarai oleh Fajar Bustomi ini telah sukses disaksikan oleh lebih dari 6 juta penonton. Penayangan film ini dilaksanakan secara serentak di seluruh bioskop di Indonesia pada akhir Januari 2018.  Film ini mengisahkan tentang remaja di usia remaja dimana kisahnya diambil dari kisah nyata.

Milea merupakan siswi pindahan dari Jakarta yang bersekolah di sekolah Dilan. Sedangkan Dilan merupakan anak dari seorang tentara yang aktif di geng motor. Pertemuan Milea dan Dilan pertama kali terjaid saat keduanya menuju sekolah. Tanpa ragu Dilan menyapa Milea dan mengatakan untuk bertemu di kantin siang hari nanti.

Pendekatan terus dilakukan oleh Dilan untuk mendapatkan hati Milea. Namun ternyata, Nandan teman sekelas Milea juga menyukai Milea. Mengetahui hal tersebut, Dilan perlahan menjauhi Milea karena Dilan mengira bahwa Milea dan Nanda berpacaran. Pada akhirnya, Milea mengatakan pada Piyan (sahabat Dilan) bahwa Milea dan Nandan tidak menjalin hubungan spesial.

Dari kabar tersebut, Dilan kembali mendekati Milea. Merekapun melalui hari-hari bersama dari pulang sekolah, sepulang sekolah, bahkan di rumah. Akhirnya Dilan mengungkapkan persaannya lalu Dilan dan Milea akhirnya resmi berpacaran.

Film ini identik dengan kehidupan remaja dimana terdapat peristiwa yang umumnya dialami oleh para remaja tanah air. Dilan menjadi sosok remaja laki-laki yang diidamkan sehingga film ini membuat para penontonnya baper. Film dengan latar tahun 1990 ini juga didukung dengan properti di tahun tersebut.

Dilan 1990 bukanlah film secara keseluruhan yang menggambarkan novelnya. Hal itu, membuat akhir dari film ini dapat dikatakan nanggung namun cukup membuat penasaran. Film ini juga menarik hati orang dewasa karena akan mengingatkan kembali pada masa 1990-an.

Puisi dengan judul “Ibu” merupakan salah satu karya dari Cantika Ayu yang telah diterbitkan pada majalah kalangan usia menengah. Puisi ini berisi doa dari seorang anak untuk Ibunya. Pencipta juga mengungkapkan rasa terima kasihnya untuk jasa seorang ibu. Pada pusisi digambarkan bahwa Ibu merupakan orang yang selalu ada untuk putra-putrinya.

Di bait pertama hingga ketiga, penulis mengungkapkan doa untuk ibu. Penulis mengharapkan senyuman dan kebahagiaan Ibu tidak pernah pudar. Sang anak juga mendoakan agar Ibu selalu berada dalam tuntunan Tuhan. Puisi juga menggambarkan seorang Ibu yang terkadang banyak bicara namun sang anak terus berharap rezeki ibu terus mengalir.

Puisi ini menunjukan rasa kasih sayang seorang anak kepada ibunya. Cinta dan kasih dari Ibu tidak akan pernah terbalaskan, sehingga ungkapan terimakasih saja tidak akan pernah cukup. Hal itu membuat sang anak mendoakan Ibunya dengan tulus tanpa henti. Puisi ini juga menggambarkan tentang kehidupan sehari-hari yang dialami Ibu dan anak.

Secara keseluruhan, puisi Ibu layak untuk dibaca. Puisi juga dapat dijadikan sebagai referensi ketika pembaca membutuhkan referensi untuk penulisan puisi dengan tema serupa. Setiap bait puisi ini membuat pembaca sadar bahwa pengorbanan seorang ibu tentu sangat besar. Puisi ini dapat menjadi motivasi agar hati seorang ibu selalu dijaga.

Identitas Buku

Judul Buku         : Cinta Brontosaurus

Pengarang         : Raditya Dika

Genre                  : Komedi, Percintaan

Penerbit             : Gagas Media

Tahun Terbit     : 2006

Tebal Buku         : 160 Halaman

Sinopsis Buku

Dika merupakan seorang penulis yang baru saja putus dengan Nina dan pacarnya. Sejak putus, dia mempercayai bahwa cinta dapat kadaluarsa. Agen naskah Dika, Kokasih, mencoba untuk membuat Dika yakin kembali pada cinta seperti halnya keyakinan Kokasih pada Wanda, istrinya. Upaya kokasih membuat Dika pada rangkaian perkenalan yang absurd.

Namun, cinta datang tanpa terduka seperti halnya saat Jessica bertemu dengan Dika. Sejak bertemu dengan Jessica, Dika mulai ragu akan kebenaran cinta yang dapat kadaluarsa. Di sisi lain, Mr. Soe Lim tengah menawarkan untuk memfilmkan buku Dika dengan judul Cinta Brontosaurus.

Dika sangat bersemangat dalam menulis skrip film, namun Mr. Soe Lim mencoba untuk mengubah naskah asli Dika menjadi film horor. Buku ini merupakan kisah dari Dika yang kembali memahami cinta saat bertemu dengan Jessica, teman dan keluarganya.

Tampilan buku cover buku ini sangat menarik dengan dukungan tampilan dalam yang membuat buku tampak lebih ceria. Isi dari buku ini sangat bagus mulai dari kisah komedi, cinta dan kehiudan sehari-hari yang dikemas secara menarik. Kisah sangat sesuai dengan kehidupan remaja masa kini.

Bahasa pada buku ini menggunakan loe, gue, dan sebagainya yang merupakan bahasa gaul dan kekinian. Bahasa yang digunakan tidak seluruhnya mencakup Bahasa Indonesia yang baik namun hal tersebut selaras dengan tema dan isi buku yang mengisahkan remaja.

Kisah dan tema yang ada di buku ini sangat menarik minat pembaca apalagi ditambah dengan kisah lucu yang dapat mengundang tawa. Namun, pembaca akan dibuat penasaran dengan akhir cerita yang mengambang. Ada juga beberapa kata yang vulgar dan perlu disensor.

Cinta Brontosaurus menjadi salah satu buku yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, hadir dengan daya tarik yang besar. Jiwa humoris penulis membuat buku ini tidak membosankan untuk dibaca.


Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Contoh Teks Ulasan

04 min