Cari Tahu Lebih Jauh Tentang Jaringan Saraf Pada Hewan

Cari Tahu Lebih Jauh Tentang Jaringan Saraf Pada Hewan

Bergerak merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Pada makhluk hidup, khususnya manusia dan hewan, ada suatu jaringan yang disebut jaringan saraf, yang akan peka untuk mengendalikan otot gerak dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa merespon keadaan di sekitarnya. Lalu, seperti apa jaringan saraf pada hewan?

Sebagai informasi, jaringan dalam biologi merupakan kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Pada hakikatnya, struktur jaringan hewan dengan manusia sama, tetapi ada bagian-bagian yang membedakannya.

Adapun jaringan hewan dibagi menjadi empat kategori utama, yang akan menjalankan fungsinya masing-masing (berbeda antara yang satu dan yang lain). Jaringan itu meliputi  jaringana epitel, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan saraf. Nah, dalam materi kali ini kita akan membahas mengenai jaringan saraf pada hewan. Seperti apa?

Jaringan saraf pada hewan tersebar di seluruh tubuh sebagai jaringan komunikasi yang terintegrasi. Dimana, jaringan ini terdiri atas sel-sel saraf, yang mana jaringan syaraf ini berfungsi untuk menghantarkan rangsang.

Dalam prosesnya, rangsangan tersebut dibawa dari penerima rangsang (reseptor) ke otak dan dilanjutkan ke otot (efektor) untuk memberikan tanggapan. Sehingga bisa bergerak sesuai dengan yang diinginkan.

Secara struktural, jaringan saraf terdiri atas dua jenis sel yaitu sel saraf atau neuron yang umumnya memiliki banyak cabang panjang dan beberapa jenis sel glia yang memiliki cabang-cabang pendek, menyangga dan melindungi neuron dan ikut serta dalam aktivasi saraf, nutrisi saraf, dan proses pertahanan susunan saraf.

Jaringan syaraf pada hewan, khususnya sel saraf atau neuron ini terdiri dari beberapa bagian-bagian penting, antara lain :

 

 

Cari Tahu Lebih Jauh Tentang Jaringan Saraf Pada Hewan - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Cari Tahu Lebih Jauh Tentang Jaringan Saraf Pada Hewan

01 min