Cara Ternak Domba Modern Tanpa Ngarit, Dijamin Efektif

Cara Ternak Domba Modern Tanpa Ngarit, Dijamin Efektif

Ternak domba merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan pada saat sekarang ini. Permintaan yang sangat tinggi dan sedikitnya produsen menyebabkan banyak orang yang beralih profesi menjadi peternak domba.

Domba garut merupakan hasil persilangan segitiga antara domba ekor gemuk dari Afrika Selatan, domba merino dari Asia, dan lomba lokal Indonesia.

Domba texel merupakan domba yang memiliki potensi sebagai penghasil daging terbanyak dari berbagai jenis domba yang lainnya. Bobot domba jantan dapat mencapai 100 Kg dan bobot domba betina 80 Kg.

Domba ekor tipis atau dikenal dengan domba gembel adalah hewan lokal asli Indonesia. Awalnya hanya tersebar di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Namun sekarang dapat kita temukan di seluruh Indonesia. Domba ekor tipis memiliki daging yang cukup banyak meskipun bobot rata-ratanya hanya 30 – 40 kg untuk jantan dan 15 – 20 kg untuk betina.

Domba ekor gemuk atau disebut juga domba Donggala diduga berasal dari wilayah Asia Barat ketika para pedagang Arab membawanya ketika berdagang ke nusantara. Domba Donggala memiliki ciri khas yang terletak di ekornya yang besar, panjang, dan juga lebar.

Domba donggala banyak terdapat di daerah Jawa Timur, Madura, dan Nusa Tenggara. Di Sulawesi Selatan dikenal dengan domba donggala sedangkan di pulau Jawa dikenal dengan domba kibas.

Domba Merino merupakan salah satu jenis domba yang berasal dari Asia. Domba Merino awalnya berkembang di negara Spanyol kemudian menyebar ke Inggris dan Australia.

Domba Merino merupakan jenis yang dapat menghasilkan wol terbaik. Domba Merino memiliki bulu yang lebat, dengan warna putih keabu-abuan di mana hampir seluruh tubuhnya tertutupi bulu.

Domba Merino jantan umumnya memiliki tanduk sedangkan yang betina tidak memiliki tanduk. Domba Merino jantan bisa memiliki bobot mencapai 70 kg. Sedangkan yang betina bisa mencapai 45 kg.

Domba Rambouillet merupakan salah satu jenis domba yang dibudidayakan di negara Inggris. Domba Rambouillet biasa disebut juga domba Merini Perancis, atau disebut juga domba dwigona. Domba ini memiliki bentuk tubuh yang besar, lebar, dan kuat. Otot-ototnya kuat sehingga membuatnya terlihat garang. Domba ini ditutupi bulu yang tebal dengan warna mendekati abu-abu gelap. Domba jantan bertanduk sedangkan betina tidak bertanduk.

Domba Southdowm adalah jenis domba pedaging. Daging domba Southdown memiliki kualitas yang baik dan memiliki kandungan nutrisi yang baik. Domba jenis ini memiliki bentuk yang lebar dengan kaki yang pendek. Di mana pada bagian telinga berukuran kecil dan sedikit bulat. Domba ini memiliki warna putih, hitam, cokelat, maupun kombinasi. Domba ini tidak bertanduk baik jantan ataupun betina.

Domba Suffolk adalah jenis dari domba yang berasal dari negara Inggris. Diperkirakan domba Southdown masuk ke Indonesia dari Australia pada tahun 70an. Domba ini merupakan jenis yang diternak untuk dimanfaatkan dagingnya dan bulunya bisa juga untuk dijadikan wol. Domba Suffolk memiliki ukuran yang besar dengan berat mencapai 60 kg. Pada bagian wajah domba ini memiliki warna hitam dan kaki domba ini pendek.

Domba Dorset juga berasal dari Inggris. Domba ini merupakan domba pedaging dan bulunya juga bisa dijadikan wol. Domba Dorset masuk ke Indonesia lewat Australia. Domba ini memiliki bentuk tubuh yang besar dengan bobot dapat mencapai 100 kg untuk jantan dan 80 kg untuk betina.

Domba Argali merupakan domba terbesar di dunia. Panjangnya dapat mencapai hingga 195 cm. Domba ini dapat ditemukan di wilayah Asia Tengah, memiliki variasi bulu kuning hingga cokelat gelap, dan dapat mencapai  bobot hingga 120 kg. Domba ini memiliki kepala yang kecil dengan tanduknya yang besar. Tanduk tersebut bisa memiliki panjang hingga 190 cm dan berpilin.

Domba Thinhorn adalah domba liar yang hidup di pegunungan Alaska subartic. Daerah persebarannya ada di sekitar Yukon dan Columbia Britania Utara. Domba ini memiliki bulu berwarna putih atau cokelat dengan tanduknya tipis melingkar dan memiliki warna kekuningan.

Domba Bighorn Sheep hiudp di wilayah Amerika Utara dan Siberia. Domba ini memiliki tanduk yang besar berbentuk melingkar dan dapat mencapai 14 kg. Domba ini adalah jenis domba pedaging. Domba ini memiliki warna cokelat tua atau abu-abu dan bisa mencapai bobot 135 kg untuk jantan dan 90 kg untuk betina.

Syarat Calon Induk Jantan

Lokasi beternak domba sebaiknya memenuhi kriteria sebagai berikut:

 

Jika kamu masih mengalami kesulitan, silahkan simak vidio tips beternak domba dibawah ini

Posting Cara Ternak Domba Modern Tanpa Ngarit, Dijamin Efektif .


Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Cara Ternak Domba Modern Tanpa Ngarit, Dijamin Efektif

03 min