Buat apa kamu nge-Blog?

 Buat apa kamu nge-Blog?
 Sepertinya pertanyaan ini sering diajukan pada blogger..
‘Ngapan sih kamu nge-Blog?’
Dan Jawabannyapun beranekarupa hijau-kuning-kelabu-merah muda-dan Biru. Gue sendiri pun sering ditanya begitu. Apalagi ketika orang-orang kantor tau kalau gue punya blog. Yah biasalah di kantor gue, yang namanya hot topic (emang kalau gue punya blog itu Hot topic? pede sekali) akan langsung menyebar dalam hitungan kedipan mata *lebayy. Sekali diomongin, paling setengah jam kemudian sudah langsung nyebar ke seantora pelosok kantor. Merekapun heran dan bertanya ngapain gue buang-buang waktu buat nulis di blog? (yah, itu pertanyaan mereka karena gak tau aja kalau nge-blog juga bisa nambah duit)
so BUAT APA GUE NGE-BLOG?
Atau, Ada juga yang nanyanya lebih kreatif lagi ‘Ngapain sih san, kamu nulis blog gak penting ini san? bikin yang berguna dong’
Hihihi (ketawa sedih).. Dua-duanya ada kaitannya.
Boleh-boleh aja sih kalau blog gue ini dibilang memang gak penting-penting amat. Karena di blog ini, gue cuman mau nulisin apa yang terpendam dikepala gue. Jadi ya memang RAWAN gak pentingnya. Enak tuh Rawan, itu Rawon!!
Daripada gue salurkan dengan curhat ke teman-teman gue yang mungkin pada saat itu mereka sedang gak mood dan belum tentu dia tertarik dengan yang gue omongin. Guepun memilih untuk menjadikan Blog ini sebagai sarana ‘kegatelan’ gue.
Dari dulu gue emang suka nulis. Ketika SMP kelas 2-3, gue ma teman gue berdua kita bikin majalah ‘kacangan’ bernama JOLLY (kayak nama tissu euy) 🙂 Nah, majalah ini berbentuk kertas fotokopi ukuran HVS yang dilipat 2 yang jadinya 16 lembar. Dijual Rp.1.000,- hahahaha… Kita pun isi majalah tersebut dengan semua tulisan atau komik buatan kita sendiri. Tapi ntah karena memang majalah yang kita bikin tersebut emang menarik atau teman-teman sekelas yang jadi target pemasaran kita kasian melihat kita yang dalam proses nge-packingnya dari wawancara, nulis sampai menggambar, mereka pun terpaksa setia membelinya. Dan senangnya, Majalah yang kita edarkan (baca fotokopi) hingga 20 buah selalu habis terjual. Sayang, arsip majalah tersebut gak ada lagi karena gak sengaja terbuang ketika gue lagi beres-beres kamar (bisnya dikirain sampah hahaha)
Kecintaan gue menulis dilanjutkan dengan menjadi pengurus mading sekolah. Sering ngikut lomba-lomba mading antar sekolah. Dan karya kita kebanyakan ‘berhasil’. Mungkin karena otak gue yang (diam-diam) mesum dari dulu, gue tau banget apa yang bisa di jual dan bikin orang tertarik. Salah satu rubrik mading yang kita bikin selalu ada profile ‘MODEL CANTIK DI SEKOLAH’ kita. Hasilnya pas mading-mading lomba dipajang. Mading kita banyak dikerubutin oleh pengunjung. Gimana nggak, yang ada di mading adalah foto-foto cewek molek yang cantik yang bikin mata lelaki langsung terpikat. Terpikat ma rubrik itu doang sih…
Hingga pas kuliah gue nganggur menulis. Dan ketemulah yang namanya BLOG! Apalagi setlah tau dari BLOG kita juga bisa menghasilkan DUIT dan NAMBAH TEMAN seperti yang dibilang sahabat saya *menjilat mode on 🙂
Jadi ini kesimpulannya kenapa aku nge-Blog?
1. Gue suka menulis.
2. Gue suka motret (kemudian kasih pamer di blog)
3. Dengan bikin blog ternyata bisa nambah duit.
4. Gue juga suka internet, jadi pas banget kalau gue jadi makin cinta nge-blog.
5. Nambah teman.
6. Nambah pengetahuan dari membaca tulisan blogger-blogger lain lewat cara pemikiran mereka masing-masing.
7. Support kepada teman-teman kalau tak ada mimpi yang gak bisa diciptakan.
Dan gimana nih dengan kamu sendiri, Kenapa kamu Nge-Blog???

5 Alasan Orang Mau Ngeblog, Selain Cari Eksistensi, Bisa Dapat Cuan Juga!

Kamu hobi banget nulis? Pasti sudah punya platform buat mengekspresikan dirimu dalam tulisan bukan? Salah satunya adalah dengan ngeblog. Ada banyak banget platform yang bisa digunakan untuk memulai ngeblog. Mulai dari yang gratisan sampai berbayar. Beberapa pilihan di antaranya ada blogger yang disediakan gratis dari Google, lalu ada wordpress, medium, tumblr, dan masih banyak lagi.

Sepanjang perjalanan nulis di blog, meskipun belum optimal juga blognya, tapi makin ke sini kegiatan ini makin seru aja. Ternyata semenyenangkan itu. Jadi banyak belajar juga tentang banyak hal buat optimasi blognya jadi sesuatu yang lebih bermanfaat, apalagi kalau bisa dapat cuan dari sana, kan menguntungkan juga ya, Perlu banyak belajar lagi ternyata.

Dari pengalaman dan referensi dari orang-orang yang lebih dulu terjun lama di dunia blogging, ada beberapa alasan kenapa mau terus ngeblog. Buat para pemula yang masih ragu buat terjun ke dunia blogging, coba pertimbangkan lima alasan ini:

1. Menyalurkan Hobi

Awalnya suka baca, lalu pengen nulis aja mengeluarkan semua pikiran dan mencatat banyak hal yang dipelajari. Akhirnya buatlah blog untuk menuangkan berbagai aspirasi. Ternyata hobi menulis mulai tercipta dari sini. Membaca dan menulis adalah kegiatan yang tak bisa dipisahkan. Saat banyak membaca pasti ada banyak gagasan yang menari-nari di kepala untuk dituliskan. Dan sebaliknya, saat keinginan menulis itu ada di diri seseorang, mau tidak mau dia juga harus banyak membaca. Untuk memperkaya kosakata dan memperluas pandangan tentunya. Dengan ngeblog, kita bisa menyalurkan hobi menulis ini. Tentang apa saja yang kita sukai.

2. Ajang untuk Curhat

Berdasarkan penelitian ya, perempuan itu mampu mengeluarkan 20.000 kata per hari. Jika tidak dikeluarkan, apa yang akan terjadi? Nah, karena aku kadang bukan orang yang suka banyak cerita sana sini, akhirnya semua itu menguap dalam bentuk tulisan. Entah di media sosial atau di blog atau hanya sekadar menulis di buku diary. Ternyata sesi curhat ini bisa ngeplongin pikiran juga. Meskipun nggak semua hal bisa kita tuangkan ya di sana. Tapi, efeknya kita ngeblog ini lama-lama bisa kerasa juga, pikiran jadi lebih terbuka dan positif.

3. Sarana Belajar dan Mengasah Kemampuan

Nah, kalau kita udah nulis, pasti butuh riset dulu kan? entah dari pengalaman, dari buku, apa yang terjadi di sekitar, dari penelitian, fakta dan data sangat membantu buat memperkuat tulisan kita. Makanya kalau udah terjun di dunia blog, pasti kita akan belajar banyak hal yang menunjang hobi kita itu tadi. Mengasah kemampuan untuk menulis dan bisa jadi ini akan mengantarmu untuk memperoleh pekerjaan profesional. Bisa jadi content writer, blogger, influencer.

4. Eksistensi Diri

Udah jelas sih ya, kalau ngeblog bisa menunjukkan siapa diri kita. Eksistensi diri yang mengungkapkan tentang pemikiran dan siapa kita sebenarnya. Kita bisa membangun portfolio dan karya lewat tulisan-tulisan di blog. Dipertemukan dengan orang-orang yang sepemikiran, memperluas networking dengan para blogger. Dan kita juga jadi lebih percaya diri dengan kemampuan yang kita temukan dalam diri.

5. Memperoleh penghasilan

Yang terakhir ini penting juga sih. Berawal dari hobi, menulis hal-hal yang kita sukai, siapa sih yang nggak mau dapat penghasilan dari hobi yang sering kita lakukan? Nah, tinggal kita bisa nggak monetise itu untuk memperoleh penghasilan. Bisa dari review-review produk, atau ikutan lomba/kompetisi, banyak juga kan yang hadiahnya bahkan sampai jutaan rupiah. Dari hobi jadi profesi, ah alangkan menyenangkannya.

PR banget nih buat sekarang ini. Memonetise blog biar jadi cuan. Aku baru di tahap 4 sih sampai saat ini. Ngeblog masih sekadar menyalurkan hobi, curhat tipis-tipis, buat sarana belajar, dan eksistensi diri. Setelah lihat dan dengar cerita blogger-blogger sukses, sungguh sangat menggiurkan untuk mengikuti jejak mereka. Semoga ya, di kemudian hari nanti.


Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Buat apa kamu nge-Blog?

04 min