Berkenalan dengan Karlheinz Brandenburg, Penemu Teknologi MP3

Berkenalan dengan Karlheinz Brandenburg, Penemu Teknologi MP3

Sebagai pengguna, sebagian besar dari kita hanya mengenal cara mengoperasi MP3 dan menikmatinya. Padahal, dibalik itu semua ada seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman yang berhasil menemukan teknologinya. Ya, Karlheinz Brandenburg, namanya, orang yang menjadi penemu teknologi MP3.

Karlheinz Brandenburg adalah seorang ilmuwan yang lahir pada 20 Juni 1954 di Erlangen, Jerman. Brandenburg merupakan teknisi audio yang telah memberikan kontribusi terhadap kompresi audio format MPEG Audio Layer 3 atau yang dikenal sebagai MP3 dan menjadi “Father of the MP3”. Brandenburg telah meneliti metode kompresi musik sejak 1977.

Dalam sejarahnya, pada tahun 1987, dengan proyek bernama proyek EUREKA EU147, Digital Audio Broadcasting (DAB), pusat penelitian Fraunhofer Institut Integrierte Schaltungen yang bergengsi (sebuah divisi dari firma Fraunhofer-Gesellschaft Jerman) mulai meneliti pengkodean audio bit-rate rendah berkualitas tinggi yang dipimpin oleh Karlheinz Brandenburg.

Fraunhofer-Gesellshaft sekarang memiliki lisensi dan hak paten atas teknologi kompresi audio yang dikembangkan, sebuah teknologi yang lebih dikenal sebagai MP3.

Pada Januari 1988, Moving Pictures Experts Group (MPEG) dibentuk sebagai subkomite dari The International Organizationdor Standardization (ISO) / International Electrotechnical Comission (IEC) untuk menjawab pertanyaan mengenai pengkodean audio dan menetapkan standar audio masa depan. Tim tersebut menyelesaikan proyek dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun dan mengajukan hak paten untuk Jerman pada 1989 dan menerimanya pada April.

Dengan dana yang diberikan oleh Institut Fraunhofer di Jerman, Brandenburg dan MPEG berusaha untuk menemukan medium yang tepat untuk format MP3. Lagu pertama yang mereka gunakan untuk uji coba merupakan lagu milik Suzane Vega dengan judul Tom’s Dinner.

Pada 1992, Dieter Seitzer dari Fraunhofer mengintegrasikan algoritma audio coding untuk MPEG-1 (standar kompresi video dengan bandwith rendah). Pada 1993 standar MPEG-1 dipublikasikan. Kemudian 1994 MPEG-2, dikembangkan untuk menyempurnakan MPEG-1 dalam proses kompresi video, penemuan MPEG 2 ini dipublikasikan 1 tahun kemudian.

Penemu yang disebutkan pada Paten Amerika Serikat 5.579.430 untuk “proses pengkodean digital,” alias MP3, adalah Bernhard Grill, Karlheinz Brandenburg, Thomas Sporer, Bernd Kurten, dan Ernst Eberlein. Tetapi dua nama yang paling sering dikaitkan dengan pengembangan MP3 adalah Karlheinz Brandenburg dan profesor Universitas Erlangen Dieter Seitzer.

Sekilas Biografi Karlheinz Brandenburg

Karlheinz Brandenburg adalah pria berkebangsaan Jerman kelahiran 20 Juni 1954) yang dikenal sebagai seorang insinyur listrik dan matematikawan. Bersama dengan Ernst Eberlein, Heinz Gerhäuser (mantan Direktur Institut Fraunhofer IIS), Bernhard Grill, Jürgen Herre dan Harald Popp (semua Fraunhofer IIS), mengembangkan metode MP3 yang tersebar luas untuk kompresi data audio.

Brandenburg juga dikenal karena pekerjaan dasarnya di bidang pengkodean audio , pengukuran persepsi, sintesis medan gelombang , dan psikoakustik. Brandenburg telah menerima banyak penghargaan penelitian nasional dan internasional, hadiah dan kehormatan untuk karyanya.

Sejak tahun 2000 Brandenburg berhasil menjadi profesor teknologi media elektronik di Universitas Teknik Ilmenau. Brandenburg secara signifikan terlibat dalam pendirian Institut Fraunhofer untuk Teknologi Media Digital (IDMT) dan menjabat sebagai direkturnya.

Perkembangan MP3

Dalam perkembangannya, tepatnya tanggal 26 November 1996, hak paten dari Amerika untuk MP3 diterbitkan dan mulai September 1998, Fraunhofer menegakkan hak-hak paten mereka sehingga semua hasil pengembangan dari penemuan teknologi MP3 harus membayar biaya lisensi pada Fraunhofer.

Sedangkan program perangkat lunak yang digunakan untuk dekompresi memungkinkan dibuat oleh 2 siswa bernama Dmitry Boldyrev dan Justin Frankel pada 1990-an bersamaan dengan berkembangnya format MP3. Mereka berhasil mengembangkan aplikasi perangkat lunak terkenal dengan nama WinAMP.

WinAMP digunakan digunakan untuk mendengarkan musik dengan format MP3 sampai sekarang. Pemutar MP3 portabel sudah mulai populer dan MPMan Korea, diluncurkan pada tahun 1998 namun masih belum dalam penjualan yang resmi.

Pada 1999, Napster menawarkan layanan berbagi file yang mempermudah orang di seluruh seluruh dunia. Kemudian, MP3 menjadi standar musik online yang tak terbantahkan serta istilah menjadi yang paling banyak dicari di Internet pada tahun itu dan mengalahkan kata pornografi.

Lalu pada 1999 MP3 mulai marak dijual secara resmi di berbagai belahan dunia. Dan pada tahun yang sama, untuk pertama kalinya perusahaan rekaman SubPop mendistribusikan track lagu yang mereka jual melalui MP3.

Standar yang ditetapkan oleh Organisasi Standar Industri (ISO), diluncurkan pada tahun 1992 dengan MPEG-1. MPEG-1 adalah standar kompresi video dengan bandwidth rendah. Standar kompresi audio dan video bandwidth tinggi dari MPEG-2 mengikuti dan memiliki kualitas yang memadai untuk digunakan dengan teknologi DVD. MPEG Layer III atau MP3 hanya melibatkan kompresi audio.

Berkenalan dengan Karlheinz Brandenburg, Penemu Teknologi MP3 - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Berkenalan dengan Karlheinz Brandenburg, Penemu Teknologi MP3

03 min