Berkenalan dengan 7 Negara Tersepi di Dunia

Berkenalan dengan 7 Negara Tersepi di Dunia

Untuk mengetahui kepadatan penduduk yang mendiami suatu wilayah atau negara, dapat dihitung melalui perbandingan antara jumlah penduduk dan luas daerah yang ditempati. Namun, apa jadinya jika luas wilayahnya tidak sebanding dengan jumlah penduduknya yang minim, sudah tentu menjadi negara tersepi. Lalu, negara mana saja yang tercatat sebagai negara tersepi di dunia?

Sebuah negara umumnya ramai dipadati oleh penduduk. Hal ini dapat dilihat dari padatnya pemukiman dan juga lalulintas yang padat dengan beragam aktivitas penduduknya. Namun rupanya, di jaman sekarang ternyata masih ada negara tersepi dan tercatat memiliki sedikit populasi penduduknya.

Bisa dibilang, semakin besar hasil angka perbandingannya maka semakin padat wilayahnya. Begitu pun sebaliknya, semakin kecil angkanya maka semakin sedikit penduduk yang tinggal di wilayah tersebut.

Nah, berikut adalah 7 daftar negara tersepi dunia sebagaimana dikutip laman World Atlas, antara lain:

Australia termasuk benua terkecil di dunia dengan tingkat kepadatan penduduknya mencapai 3,25 orang per kilometer persegi. Sebagian besar penduduk aslinya rata-rata tinggal di kota yang ada pesisir. Sementara kawasan pedalaman atau pedesaan negara ini sepi penduduk bahkan dijadikan tempat wisata dengan tingkat keramaian rendah pada momen tertentu saja.

Sebagian besar penduduknya lebih memilih menetap di perkotaan,. Alhasil sebagian besar wilayah pedalaman ini menjadi kering, gersang, serta tidak ramah untuk pertumbuhan organik. Padahal Australia mempunyai hutan hujan dan beberapa pegunungaan yang tersebar di area lain negara ini.

Republik Namibia merupakan sebuah negara di Afrika bagian barat daya yang letaknya dekat pesisir Atlantik. Memiliki luas wilayah sekitar 823 ribu kilometer persegi, penduduk Namibia hanya berjumlah lebih dari 2,5 juta jiwa.

Salah satu alasan Namibia termasuk negara tersepi di dunia karena sebagian besar wilayahnya adalah gurun. Terlepas dari sebagian besar wilayahnya gurun dan kekeringan di negara ini juga memang biasa terjadi, namun tidak sesering negara-negara yang lebih jauh ke bagian utara seperti di wilayah Sub-Sahara.

Mongolia berada di Asia Timur dan letaknya berbatasan langsung dengan Rusia dan Tiongkok. Luas wilayahnya sekitar 1.564.116 kilometer persegi. Meski mempunyai luas wilayah yang terbilang tidak kecil, tercatat hanya 2,04 orang yang menempati setiap kilometer persegi daratan Mongolia ini.

Penyebab sepinya jumlah penduduk di sini karena mereka kesulitan dalam menempati tanahnya karena perbatasan Rusia serta Tiongkok. Saking sepi, hewan ternak milik penduduk sekitar justru jumlahnya melebihi penduduk aslinya. Mongolia tercatatemiliko penduduk sebesar hanya 3,2 juta jiwa

Republik Islandia adalah negara Nordik dan berada di sebelah barat laut Eropa yang dikelilingi pulau-pulau kecil di sekitarnya. Populasi penduduk Islandia pada 2020 yaitu 366.425 ribu jiwa dan menempati luas wilayah 103.000 kilometer persegi.

Jumlah penduduknya memang sedikit jika dibanding negara-negara lain, akan tetapi Islandia memiliki pemandangan alam yang sangat indah serta asri. Suasana siang di negara ini cukup pendek karena matahari terbit pukul 9 pagi dan terbenam pukul 5 sore.

Greenland termasuk negara otonom dan bagian dari Kerajaan Denmark yang sudah dihuni sejak 4500 tahun. Sebagian besar kawasan Greenland tertutup es, jika es tersebut mencair maka permukaan laut di seluruh dunia akan naik hingga 7 meter. Sementara jumlah penduduknya pada 2020 hanya 56 ribu jiwa dengan luas wilayah sekitar 2,1 juta kilometer persegi.

Greenland juga seringkali menjadi rujukan wisatawan apabila mereka ingin merasakan tinggal di dunia yang jauh dari keramaian. Sebagian penduduk asli Greenland menetap di kawasan Nuuk yang menjadi ibu kota sekaligus kota terbesar.

Libya merupakan negara di wilayah Afrika Utara yang luasnya hampir 1,8 juta kilometer persegi. Jumlah penduduknya tercatat ada 6,8 juta jiwa dan bisa dikatakan sedikit dibanding dengan luas wilayahnya. Meski terbilang paling sepi di dunia, Libya merupakan salah ati negara penghasil minyak bumi terbesar dunia.

Kanada atau Dominion of Canada adalah negara yang berada di paling ujung utara kawasan Amerika Utara. Luas wilayahnya mencapai 9.984.670 kilometer persegi, sedangkan jumlah penduduknya pada 2020 yaitu 38,1 juta jiwa. Kemudian pada tahun 2021 jumlah penduduk di negara Kanada tercatat naik menjadi 38,2 juta jiwa.

Berkenalan dengan 7 Negara Tersepi di Dunia - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Berkenalan dengan 7 Negara Tersepi di Dunia

02 min