Bagian-bagian Otak, Depan Hingga Belakang

Bagian-bagian Otak, Depan Hingga Belakang

Otak merupakan salah satu organ yang memiliki fungsi sangat vital dan kompleks bagi manusia. Dimana, otak terdiri dari tiga  bagian yang memiliki fungsinya masing-masing, serta mempengaruhi sistem kerja berbagai organ tubuh. Apa saja bagian-bagian otak yang dimaksud?

Otak berada di dalam rongga tengkorak yang dibungkus oleh selaput yang disebut meninges. Lapisan meninges terdiri dari 3 lapisan, yaitu piameter (dalam), arachnoid (tengah), serta durameter (luar).

Pada ruang diantara lapisan arachnoid dan piameter terdapat cairan serebrospinal yang berfungsi untuk melindungi otak dari guncangan atau benturan. Pada otak terdapat bagian lipatan yang menonjol keluar yaitu girus sedangkan lipatan yang menonjol ke dalam disebut sulkus.

Pada dasarnya otak terdiri dari tiga bagian, yaitu otak depan (prosensefalon), otak tengah (mesensefalon), serta otak belakang (rombensefalon). Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai bagian-bagian otak, dari depan hingga belakang!

Otak depan terdiri dari 2 bagian, yaitu otak besar (serebrum) diensefalon. Pada diensefalon terdapat bagian talamus, hipotalamus, dan infundibulum (tangkai hipofisis). Otak besar merupakan bagian terbesar dari otak yang berada di daerah paling ujung depan otak. Permukaan luar (korteks) otak berperan sebagai sistem limbik yang berfungsi sebagai pusat emosi. Sedangkan bagian lapisan sebelah dalam disebut dengan medula.

Otak besar terdiri dari hemisfer kiri dan kanan. Dimana masing-masing hemisfer otak terbagi menjadi beberapa lobus, yaitu lobus frontal, lobus parietal, lobus oksipital, serta lobus temporal. Dimana setiap lobus mempunyai fungsi masing-masing yaitu; lobus frontal berperan dalam mengatur gerakan, bahasa, memori, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, spontanitas dan perencanaan, serta perilaku sosial dan seksual.

Sedangkan lobus parietal berfungsi untuk memproses informasi sensori seperti bau, sentuhan, suhu, rasa, serta penalaran spasial seperti membaca dan membaca peta. Lobus oksipital berfungsi sebagai pusat penglihatan. Sementara lobus temporal berfungsi sebagai pusat pendengaran.

Di bagian belakang otak besar ada diensefalon yang terdiri dari talamus, hipotalamus, dan infundilum. Adapun fungsinya adalah untuk menerima semua informasi sensorik (kecuali penciuman) serta ikut meningkatkan fungsi ingatan dan emosi (Talamus).

Hipotalamus berfungsi sebagai pusat koordinasi sistem saraf otonom, mengontrol kelenjar hipofisis, kadar air dan suhu tubuh, tekanan darah, kadar gula darah, keseimbangan cairan dan sebagainya.

Otak tengah menghubungkan otak depan dan otak belakang. Otak tengah berfungsi sebagai pusat refleks mata, serta mengontrol kontraksi dan relaksasi otot.

Otak belakang tersusun atas bagian otak kecil (serebelum), pons varolli, dan medula oblongata atau sumsum lanjutan. Otak kecil merupakan pusat regulasi motorik yaitu mengontrol aktivitas otot dan mengatur keseimbangan tubuh. Apabila terjadi gangguan pada otak kecil maka koordinasi gerak otot menjadi tidak terkendali.

Pons varolli atau jembatan varol merupakan serabut saraf yang menghubungkan otak kecil bagian kiri dan kanan. Sedangkan Medula oblongata terdapat pada pangkal batang otak. Bagian ini berfungsi sebagai pusat refleks seperti pernafasan, denyut jantung, menelan, batuk, bersin, dan muntah.

Bagian-bagian Otak, Depan Hingga Belakang - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Bagian-bagian Otak, Depan Hingga Belakang

02 min