Bagaimana Prosedur Merangkai Gerak Tari Kreasi?

Bagaimana Prosedur Merangkai Gerak Tari Kreasi?

Indonesia merupakan negara yang kaya akan tradisi dan budaya, salah satunya dalam seni tari. Dimana, setiap daerah yang ada di Nusantara memiliki tariannya masing-masing dengan kekhasannya. Namun, seiring berjalannya waktu seni tari yang kental akan warisan leluhur terus berkembang hingga akhirnya muncul tari kreasi dengan gerakan baru tanpa menghilangkan kekhasannya. Lalu bagaimana cara merangkai gerak tari kreasi ini?

Karya tari adalah sebuah produk dari masyarakat yang bertujuan untuk menunjukan tradisi suatu kelompok yang sudah berkembang sebagai warisan dari leluhur. Sedangkan tari kreasi baru lahir sebagai jenis tari melepaskan diri dari konsep tari tradisional yang pada umumnya berfungsi sebagai pembaharuan tari-tari yang sudah ada.

Tari kreasi merupakan jenis kesenian tari yang dalam melakukannya tidak terikat dengan peraturan baku, yang sudah ada sebelumnya dalam seni tari tradisional. Oleh karena tidak terikat dengan peraturan baku maka penari tari kreasi bisa lebih bebas dalam mengeksplore atau mengungkapkan gaya serta ekspresinya.

Pada umumnya, diciptakannya tari kreasi ini bertujuan untuk menampakan sesuatu yang baru dengan cara meniru gerak-gerak alami. Dalam merangkai gerak tari kreasi ini bisa tercipta dari peniruan terhadap perilaku manusia dan peniruan perilaku binatang.

Kendati demikian, dalam merangkai gerak tari kreasi ini setidaknya perlu mengacu kepada 4 langkah yang harus dilakukan oleh para penari. Adapun langkah-langkah tersebut antara lain :

Yaitu kegiatan melakukan percobaan gerak untuk menghasilkan teknik gerak. Pada kegiatan ini kamu dipersilahkan untuk berimajinasi dan melakukan penafsiran gerak terhadap apa yang telah dilihat dan di dengar. Kamu dapat bebas bergerak mengikuti kata hati, mengikuti imajinasi atau daya hayal, dan menafsirkannya terhadap bentuk gerak.

Yaitu kegiatan dimana kamu harus mencari dan membuat kemungkinan teknik gerakan. Semua teknik gerak yang dihasilkan pada eksplorasi selanjutnya akan dikembangkan sehingga menghasilkan teknik gerak yang sangat banyak.

Yaitu kegiatan untuk menilai dan menyeleksi teknik gerak yang telah dihasilkan pada tahap sebelumnya. Dalam kegiatan ini kalian mulai menyeleksi gerak yang tidak sesuai dan memilih teknik gerak yang sesuai dengan gagasan ide. Hasil inilah yang akan digarap pada tahap komposisi.

Yaitu tujuan akhir mencari gerak untuk selanjutnya membentuk gerak tari seutuhnya.

 

 

Bagaimana Prosedur Merangkai Gerak Tari Kreasi? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Bagaimana Prosedur Merangkai Gerak Tari Kreasi?

01 min