Apa yang Menjadi Penyebab Epilepsi?

Apa yang Menjadi Penyebab Epilepsi?

Epilepsi atau dikenal juga dengan ayan adalah gangguan pada sistem saraf pusat akibat pola aktivitas listrik yang berlebihan di otak. Hal ini menyebabkan penderitanya mengalami kejang secara berulang pada sebagian atau seluruh tubuh. Penyakit ini tidak menular dan dapat terkontrol dengan pengobatan yang rutin dan tepat.

Seseorang dinyatakan menderita epilepsi jika pernah mengalami kejang lebih dari satu kali tanpa penyebab yang jelas. Epilepsi dapat diderita oleh semua kelompok usia, tetapi biasanya dimulai saat masih anak-anak atau saat berusia lebih dari 60 tahun.

Epilepsi pada saat usia dewasa bisa disebabkan oleh banyak, diantaranya post trauma, stroke, tumor otak atau penyebab lainnya. Umumnya kecapekan, banyak pikiran dan cahaya menjadi pemicu kejang pada penderita epilepsi

Sementara, bagi balita yang mengalami kejang demam harus segera ditangani. Tidak semua kejang demam akan mengalami epilepsi, hanya 10 persen berisiko mengalami epilepsi. Sehingga perlu segera ditangani oleh dokter untuk mencegah kejang demam tidak berulang.

Namun, ketika terjadi kejang pada anak jangan dibiarkan terlalu lama karena akan mengganggu aliran darah ke otak yang menyebabkan otak kekurangan oksigen. Hal ini akan berefek pada sel-sel otak. Jika dibiarkan dan berulang terus akan mengganggu fungsi otak.

Kejang merupakan gejala utama epilepsi. Kejang pada penderita epilepsi terbagi menjadi dua, yaitu kejang total dan kejang parsial. Gejala yang menyertai kejang juga dapat bervariasi sesuai tipenya.

Penyebab epilepsi belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa kondisi yang diduga dapat memengaruhi pola aktivitas listrik otak, yaitu cedera kepala, meningitis, dan cerebral palsy.

Selain itu, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terserang epilepsi, yaitu riwayat epilepsi pada keluarga (faktor genetik), stroke, dan demensia.

Berdasarkan penyebabnya, epilepsi dibagi dua, yaitu:

Disebut juga sebagai epilepsi primer. Ini merupakan jenis epilepsi yang penyebabnya tidak diketahui. Sejumlah ahli menduga bahwa kondisi ini disebabkan oleh faktor genetik (keturunan).

Disebut juga epilepsi sekunder. Ini merupakan jenis epilepsi yang penyebabnya bisa diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diduga bisa menyebabkan epilepsi sekunder.

Apa yang Menjadi Penyebab Epilepsi? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Apa yang Menjadi Penyebab Epilepsi?

01 min