Apa yang Kamu Ketahui Tentang Tingkat Trofik?

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Tingkat Trofik?

Dalam sebuah ekosistem kebergantungan antara makhluk hidup yang satu dengan lainnya tidak bisa dipisahkan. Misalnya, manusia sangat bergantung pada hewan dan tumbuhan sebagai sumber pangan, begitupun hewan bergantung pada tumbuhan untuk bertahan hidup. Hal tersebut merupakan contoh dari rantai makanan. Pada rantai makanan terjadi suatu proses makan dan dimakan dalam suatu urutan tertentu, dan setiap tingkat dari rantai makanan dalam ekosistem disebut dengan tingkat trofik.

Ini adalah tingkat dalam rantai makanan di mana suatu organisme memperoleh energi. Disamping itu, ini juga menentukan posisi spesifik makhluk hidup dalam rantai makanan.

Jumlah energi yang ditransfer menurun di setiap tingkatan trofik. Hanya 10% energi ditransfer dari satu tingkatan ke tingkatan lainnya, yang dikenal sebagai Hukum sepuluh persen energi. Organisme di setiap tingkat trofik bergantung pada organisme dibawahnya untuk mendapatkan makanan.

Dalam rantai makanan biasanya ada lima tingkat trofik utama, namun jumlah tersebut dapat bervariasi tergantung pada komposisi ekosistem. Ekosistem dengan spesies yang lebih sedikit mungkin memiliki rantai makanan dengan tiga tingkat trofik, sedangkan ekosistem dengan jumlah spesies yang besar lebih cenderung memiliki rantai makanan dengan lebih dari lima.

Pada tingkat trofik pertama, yaitu produsen. Produsen adalah autotrof dan termasuk tanaman hijau, alga, fitoplankton dan lain-lain. Lalu pada tingkat kedua ada konsumen primer. Konsumen primer merupakan organisme pemakan produsen secara langsung atau herbivora, contohnya sapi, rusa, kelinci, dan lain sebagainya.

Pada tingkat yang ketiga adalah konsumen sekunder. Konsumen sekunder (karnivora primer) merupakan organisme pemakan herbivora, contohnya ular, kucing, dan lain sebagainya. Sedangkan konsumen tersier mewakili tingkat trofik keempat. Dimana, konsumen tersier (karnivora sekunder) merupakan organisme pemakan konsumen sekunder, contohnya rubah, anjing, dan lain-lain.

Oleh karena itu, dengan cara ini energi mengalir dari satu tingkat ke tingkat lainnya dalam satu ekosistem dan jumlah energi menurun pada setiap tingkat berturut-turut.

Standing Corp

Standing Corp di definisikan sebagai benda hidup pada waktu tertentu di setiap tingkat trofik dan diukur sebagai massa organisme hidup. Perbandingan tingkat trofik di akuatik dan darat yaitu tanaman dan fitoplankton sebagai produsen primer di kedua rantai makanannya masing-masing.

Belalang dan zooplankton memakan produsen utama. Kemudian tikus dan ikan Herring sebagai konsumen sekunder memakan konsumen utama. Ular dan ikan tuna sebagai konsumen tersier memakan konsumen sekunder. Konsumen paling atas elang dan paus memakan konsumen tersier.

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Tingkat Trofik? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Tingkat Trofik?

01 min