Apa yang Kamu Ketahui tentang Penyakit Autoimun?

Apa yang Kamu Ketahui tentang Penyakit Autoimun?

Sistem kekebalan tubuh (imunitas) berperan untuk menjaga tubuh dari serangan organisme asing, seperti bakteri atau virus. Ketika terserang organisme asing, sistem kekebalan tubuh akan melepas protein yang disebut antibodi untuk melawan dan mencegah terjadinya penyakit. Lalu, apa itu penyakit autoimun?

Penyakit Autoimun adalah suatu penyakit dimana sistem kekebalan tubuh (Imunitas) mengalami kesalahan dalam mengenali sel normal pada tubuh dimana yang seharusnya tugas sistem kekebalan tubuh harusnya melindungi sel normal namun malah menyerang kepada sel yang normal.

Sistem imun tubuh manusia memproduksi suatu zat antibodi untuk menghancurkan sel normal akibat adanya gangguan sistem imun yang terjadi. Pada penyakit Autoimun sistem ini justru menyerang sel tubuhnya sendiri yang justru dalam keadaan sehat.

Penyakit Autoimun banyak sekali jenisnya tergantung dari jaringan atau organ apa yang diserang serta dibedakan pula terhadap jenis pasukan imun apa yang menyerang tubuh. Sampai dengan saat ini ada sekitar 200 jenis penyakit autoimun yang telah berhasil diidentifikasi.

Namun begitu, ada beberapa jenis penyakit autoimun yang sering ditemukan seperti Reumatoid Artritis, Sistemik Lupus Eritematosus (SLE), Anemia hemolitik, Penyakit Graves, Deep Vein Thrombosis, Myasthenia gravis, Idiopatik Trombositopenia Purpura, Psoriasis Vulgaris dan Behcet Disease.

Penyakit autoimun ini sering sekali dianggap sebagai penyakit kutukan, hal ini dikarenakan kesulitan para dokter mendiagnosa jenis penyakit autoimun yang diderita seorang pasien. Gejala yang yang muncul dapat berbeda beda pada tiap orang walaupun mengidap jenis autoimun yang sama.

Terlebih, sampai dengan saat ini belum satupun penelitian dapat mengungkapkan penyebab pasti yang menjadi trigger/ pemicu terjadinya penyakit autoimun pada seseorang, namun disinyalir penyebabnya adalah Imunisasi, Vaksin, Kontak bahan kimia, Infeksi maupun paparan radiasi.

Faktor Risiko Penyakit Autoimun

Dilansir dalam berbagai sumber disebutkan bahwa para ahli masih belum menemukan penyebab pasti dari autoimun sampai saat ini. Namun, terdapat beragam faktor yang menyebabkan seseorang berisiko untuk mengidap penyakit autoimun, seperti:

Gejala Penyakit Autoimun

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat lebih dari 80 penyakit yang digolongkan sebagai penyakit autoimun. Di antaranya pun memiliki gejala yang sama. Secara umum, gejala-gejala awal autoimun sebagaimana dilansir laman Halodoc, antara lain:

Apa yang Kamu Ketahui tentang Penyakit Autoimun? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Apa yang Kamu Ketahui tentang Penyakit Autoimun?

01 min