Apa yang Dimaksud Salah Bantal?

Apa yang Dimaksud Salah Bantal?

Pernahkah kamu mengeluhkan nyeri leher atau otot sekitar leher terasa kaku setelah bangun dari tidur? Kejadian tersebut sering kali disebut dengan “salah bantal”. Kondisi ini bisa mengurangi mobilitas seseorang hingga mengganggu aktivitas. Sebenarnya apa itu salah bantal dan bagaimana cara mengatasinya?

Salah bantal adalah keluhan di alami oleh orang yang hanya bisa menoleh kesisi tertentu saja baik ke kanan atau ke kiri. Keluhan tersebut seringkali disebut leher tenggeng atau nyeri leher. Di Indonesia sendiri istilah salah bantal ini muncul karena penyebabnya sering dikaitkan dengan salah memposisikan bantal saat tidur atau posisi tidur tidak tepat.

Kita menghabiskan waktu sekitar 6-8 jam per harinya selama tidur. Ketika posisi tubuh atau bantal yang digunakan tidak tepat, maka dapat membuat otot jadi tegang. Akhirnya, kita akan merasa leher terasa kaku kadanf juga disertai rasa nyeri. Kondisi ini bisa memperlambat gerak tubuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Menurut Dr. Melya Wariyanto Sp. AK leher tenggeng atau sering disebut tortikolis adalah penyakit dimana posisi dagu tidak sejajar dengan tulang dada paling atas dan depan, sehingga dagu hanya bisa digerakan kesatu sisi kanan atau kiri.

Tortikolis bisa disebabkan oleh banyak hal yaitu salah posisi tidur, bantal terlalu tinggi, bantal yang kaku, leher terkilir, dan tengkuk/leher yang terpapar angin dingin. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh cedera pada otot leher dan tulang rawan. Nyeri leher juga bisa disebabkan oleh aktivitas yang dilakukan terus menerus secara berlebihan misalnya salah posisi duduk.

Apabila sudah terkena tortikolis maka harus segera diobati. Pengobatannya bisa dilakukan dengan dipijit secara hati-hati. Selain itu, penyakit ini juga bisa diobati dengan obat-obatan khusus untuk otot, seperti obat alami dan obat kimia.

Karena kebanyakan kondisi ini bersifat ringan dan bisa diobati dengan perawatan sendiri di rumah dengan cara mengompres, menempelkan koyo, dan mandi air hangat. Untuk menghindari tortikolis atau salah bantal bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti tidur jangan diatas kasur yang keras, posisi tidur harus nyaman, jangan menggunakan bantal yang terlalu tinggi, dan jangan tidur dengan menggunakan kipas angin yang menghadap tubuh.

Apa yang Dimaksud Salah Bantal? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Apa yang Dimaksud Salah Bantal?

01 min