Apa yang Dimaksud Dengan Piramida Makanan?

Apa yang Dimaksud Dengan Piramida Makanan?

Rantai makanan atau biasa disebut Jaringan Makanan seringkali digambarkan sebagai Piramida makanan. Hal ini merunut pada rantai makanan yang bergerak secara linear dari yang paling kecil (produsen) ke yang paling besar (konsumen) seperti gambaran Piramida yang mengerucut. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan Piramida makanan?

Rantai makanan atau biasa disebut Jaringan Makanan adalah suatu ekosistem makhluk hidup yaitu perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan melalui seri organisme atau melalui jenjang makan dimana suatu organisme memakan satu sama lain untuk mendapatkan energi dan nutrisi dari organisme yang dimakan.

Rantai makanan merupakan bagian dari jaring-jaring makanan, di mana rantai makanan bergerak secara linear dari produsen ke konsumen teratas.

Dikatakan pula dengan piramida makanan, dimana suatu piramida yang menggambarkan perbandingan komposisi jumlah biomassa dan energi dari produsen sampai konsumen puncak dalam suatu ekosistem. Komposisi biomassa terbesar terdapat pada produsen yang menempati dasar piramida.

Demikian pula jumlah energi terbesar terdapat pada dasar piramida. Komposisi biomassa dan energi ini semakin ke atas semakin kecil karena selama proses perpindahan energi terjadi penyusutan jumlah energi pada setiap tingkat trofik.

Pengertian dan Contoh Piramida Makanan

Piramida makanan adalah gambaran mengenai kejelasan hubungan antar komponen makhluk hidup yang terdapat di dalam sebuah ekosistem. Apa yang dimaksud dengan ini berbeda dengan rantai makanan, karena lebih membeberkan interaksi dari setiap komponen biotik. Kondisi yang lebih dari sekadar peristiwa yang ada di dalam rantai makanan.

Jika dilihat dari sebuah ekosistem, tumbuhan memiliki tingkatan sebagai produsen dengan jumlah populasi lebih besar ketimbang tingkat lainnya. Karena memang jumlah populasi produsen harus lebih besar ketimbang konsumen I, konsumen II dan konsumen II hingga seterusnya sampai ke puncak karena inilah piramida makanan disebut sebagai gambaran beda tingkat populasi.

Piramida makanan digunakan sebagai penjelasan lebih detail terkait hubungan dari organisme yang ada di tiap tingkatan. Interaksi yang muncul dalam piramida makanan digambarkan berbentuk kerucut dan karena ini pula disebut sebagai piramida. ini dapat bermanfaat untuk menggambarkan jumlah dari organisme dalam tingkat di trofik suatu ekosistem yang ada.

Jenis-jenis Piramida Makanan

Tingkatan dalam Piramida Makanan

Setiap tingkatan pada piramida makanan itu disebut taraf trofi. Ada beberapa tingkatan taraf trofi yang perlu diketahui, antara lain:

Sementara, dalam tingkatan makanan, antara lain:

Piramida makanan sehat adalah dengan menjaga berat badan ideal dan rutin berolahraga, dua hal sederhana yang mampu mempengaruhi kualitas hidup sehat. Konsumsi makanan yang banyak justru tak baik bagi kesehatan tubuh, karena menyebabkan adanya pertambahan lemak dan berat badan hingga memunculkan penyakit-penyakit kelebihan berat badan.

Peranan yang dimiliki air dalam tubuh manusia sangat penting, berfungsi sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh. Selain itu juga mengatur suhu tubuh, pelarut zat gizi hingga menjadi bala bantuan dalam proses pencernaan. Dalam satu hari, tubuh manusia memerlukan konsumsi air sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter.

Makanan sumber karbohidrat tinggi, seperti nasi, kentang, roti, jagung hingga ubi yang harus dikonsumsi setiap hari. Makanan-makanan ini disebut dengan makanan pokok yang dikonsumsi manusia sebanyak tiga kali dalam sehari hingga mencapai delapan porsi di setiap harinya selama hidup.

Tingkat keempat diisi oleh sayur-sayuran dan buah yang menjadi sumber serat, vitamin dan mineral. Konsumsi sayuran bisa mencapai tiga hingga lima porsi dalam seharinya, sementara buah-buahan dua sampai tiga porsi dalam sehari sudah menunjukkan bagaimana cara hidup sehat.

Berisi makanan-makanan sumber protein, baik nabati maupun hewani yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti kacang-kacangan dan makanan olahan kedelai. Sementara hewani berasal dari daging seperti sapi, ayam, ikan dan yang lainnya. Konsumsi makanan ini dilakukan sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari.

Puncak piramida makanan dalam hal ini adalah makanan yang konsumsinya harus dibatasi, hal ini dikarenakan kebutuhan konsumsi makanan tersebut sangat rendah. Sehingga makanan-makanan ini harus dibatasi dalam masuk ke tubuh, beberapa jenis makanan ini seperti garam, gula dan minyak-minyakan.

Apa yang Dimaksud Dengan Piramida Makanan? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Apa yang Dimaksud Dengan Piramida Makanan?

02 min