Apa yang Dimaksud Dengan Heatwave?

Apa yang Dimaksud Dengan Heatwave?

Dalam beberapa hari terakhir kata heatwave menjadi perbincangan hangat di dunia. Hal ini mengacu pada gelombang panas yang melanda di beberapa negara di Eropa. Dalam catatan media nasional dan Internasional, cuaca panas ekstrem di Eropa telah menyentuh angka 39 hingga 40 derajat celcius. Lalu apa yang dimaksud dengan heatwave?

Menurut badan meteorologi dunia atau World Meteorological Organization (WMO), gelombang panas dikenal juga dengan istilah heatwave. Tidak ada definisi formal dan standar mengenai fenomena gelombang panas. Organisasi Meteorologi Dunia mendefinisikan gelombang panas sebagai lima hari atau lebih berturut-turut ketika suhu maksimum harian melebihi suhu maksimum rata-rata sebesar 5 derajat Celcius atau lebih.

Heatwave atau gelombang panas adalah serangan cuaca panas ekstrem yang berlangsung beberapa hari atau bahkan minggu. Serangan gelombang panas sudah mulai nampak pada 1950 silam, di mana tanda-tanda pemanasan global terlihat sebagai gejala perubahan iklim.

Dapat dikatakan pula, fenomena heatwave merupakan kondisi udara panas yang berkepanjangan selama lima hari atau lebih secara berturut-turut. Gelombang panas juga ditandai dengan suhu maksimum harian lebih tinggi lima derajat celsius atau lebih dari suhu maksimum rata-rata.

Beberapa negara telah mengadopsi standar mereka sendiri. Misalnya, Departemen Meteorologi India mensyaratkan bahwa gelombang panas terjadi ketika suhu meningkat 5–6 °C atau lebih di atas suhu normal.

Bahkan, Layanan Cuaca Nasional AS mendefinisikan gelombang panas sebagai panas yang tidak normal dengan cuaca lembab yang luar biasa, yang berlangsung selama dua hari atau lebih. Disebutkan bahwa, massa udara yang sangat panas dan lembap dalam waktu berhari-hari di daerah berpenduduk dapat menyebabkan banyak kematian.

Fenomena cuaca seperti itu dapat ditandai dengan kelembaban rendah , yang dapat memperburuk kekeringan , atau kelembaban tinggi, yang dapat memperburuk efek kesehatan dari stres terkait panas, yang meliputi kelelahan karena panas, dehidrasi, dan sengatan panas. Parahnya, kondisi tersebut dapat memicu kebakaran hutan yang meluas sehingga berakibat pada kematian hewan dan juga manusia.

Apakah Indonesia memiliki fenomena heatwave?

Gelombang panas dapat terjadi di wilayah yang terletak pada lintang menengah dan tinggi. Sedangkan Indonesia terletak pada wilayah ekuator di mana gelombang panas tidak memungkinkan terjadi di Indonesia. Suhu panas yang terjadi masih dalam tahap normal, dan hanya diakibatkan oleh gerak semu matahari yang merupakan suatu kejadian normal yang terjadi setiap tahun.

Letak geografis Indonesia yang dikelilingi lautan lebih sulit untuk terjadinya heatwave. Berbeda dengan negara-negara Eropa yang kebanyakan berupa daratan. Fenomena gelombang panas ini lazimnya terjadi di wilayah lintang menengah-tinggi, seperti wilayah Eropa dan Amerika. Heatwave atau gelombang panas paling sering terjadi di musim panas ketika tekanan tinggi berkembang di suatu area.

Apa yang Dimaksud Dengan Heatwave? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Apa yang Dimaksud Dengan Heatwave?

02 min