Apa yang Dimaksud dengan Diplomasi?

Apa yang Dimaksud dengan Diplomasi?

Dalam kultur masyarakat Indonesia, setiap upaya menyelesaikan beragam persoalan selalu mengedepankan musyawarah mufakat. Dalam skala besar, seperti antar negara, komunikasi yang dijalin untuk menyelesaikan beragam persoalan dikenal dengan sebutan diplomasi.

Diplomasi sendiri, mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bisa diartikan sebagai urusan atau penyelenggaraan hubungan resmi antar satu negara dengan negara lain. Kepentingan diplomasi suatu negara diwakili oleh diplomat dari wakil-wakil negara. Hal yang dibutuhkan disini adalah pengetahuan dan kecakapan untuk hubungan antar negara.

Di lansir dari Wikipedia, diplomasi merupakan praktik mempengaruhi keputusan dan perilaku pemerintah asing atau organisasi antar pemerintah melalui dialog, negosiasi, dan cara non-kekerasan lainnya.

Banyak juga yang menyebutkan bahwa ini adalah suatu bentuk seni, yaitu seni bernegosiasi antarnegara. Dalam hal ini, negosiasi dapat berlangsung antara dua negara atau secara bilateral dan dengan banyak negara atau secara multilateral.

Diplomasi biasanya mengacu pada hubungan internasional yang dilakukan antar diplomat profesional dengan memperhatikan berbagai isu dan topik yang dibahas antar kedua belah pihak. Praktisinya disebut seorang Diplomat.

Diplomasi penting untuk dipelajari karena berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, fungsinya dapat meningkatkan interaksi, penanganan konflik, perundingan, dan kerjasama. Adanya hal ini menjadi alat penting untuk menghasilkan hubungan kerja sama dan penyelesaian konflik.

Tujuan utama diadakan diplomasi adalah pengamanan kepentingan nasional, kepentingan politik, dan integritas territorial. Tujuan lainnya adalah untuk menjalin mempererat dan meningkatkan hubungan dengan negara lain. Hal yang menjadi bahan diplomasi adalah segala bentuk kepentingan nasional yang mencakup politik ekonomi budaya dan sosial.

Fungsi diplomasi

Secara umum, fungsi utama diplomasi untuk menjaga perdamaian antar negara. Selain itu ada negosiasi, kesepakatan perdagangan, menangani perselisihan, diskusi masalah, dan menerapkan kebijakan baru.

Menurut Konvensi Wina tahun 1961, menjelaskan perwakilan diplomat memiliki fungsi antara lain:

Peran Diplomat

Diplomat bertanggung jawab untuk menjaga hubungan negara asal dan negara yang ditempati. Berikut tugas seorang diplomat di luar negeri, antara lain:

Apa yang Dimaksud dengan Diplomasi? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Apa yang Dimaksud dengan Diplomasi?

01 min