Apa Saja Unsur-Unsur Pembentuk Iklan?

Apa Saja Unsur-Unsur Pembentuk Iklan?

Di era melek digital saat ini pasti sudah tidak asing dengan berbagai macam informasi atau penawaran berupa iklan, slogan, maupun poster di berbagai media. Guna menghasilkan iklan yang sesuai dengan kebutuhan sebuah perusahaan maka menjadi penting dan vital untuk memperhatikan unsur-unsur pembentuk iklan.

Pada dasarnya, iklan merupakan sebuah pesan yang membujuk maupun mendorong audience/pembaca untuk tertarik terhadap jasa maupun produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah berita pesanan yang mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Dalam membuat sebuah iklan maka penting untuk memperhatikan unsur-unsur pembentuk iklan. Pasalnya, hal tersebut menentukan maksud dan tujuan pembuatan iklan. Dimana ada 6 unsur-unsur pembentuk iklan, antara lain; sumber, pesan, media, penerima, efek, dan umpan balik.

Sumber disini adalah pemasang iklan, slogan, dan poster yang berinisiatif serta menyandang dana dari pemasangan suatu iklan, slogan, dan poster.

Pesan adalah informasi yang disampaikan berupa pesan verbal atau kata-kata dan pesan non verbal atau gambar dan sejenisnya. Pesan tidak hanya bertujuan agar pembaca menggunakan produk atau jasa iklan tersebut, tetapi dalam iklan juga bisa berisi pesan moral.

Misalnya dengan jangan membuang sampah sembarangan agar tidak berakibat banjir atau menjadi penyebab penyakit DBD.

Media adalah sarana yang digunakan dapat berupa media cetak, elektronik, atau lainnya. Media cetak dapat berupa koran atau majalah. Iklan dapat dimuat dalam dalam media cetak tersebut.

Media elektronik berupa televisi, radio, dan internet. Saat ini televisi dan internet yang menjadi media iklan paling efektif untuk menginformasikan sebuah produk atau jasa. Hal ini karena kedua media elektronik tersebut digunakan oleh hampir seluruh khalayak.

Penerimabadalah individu atau kelompok yang menjadi sasaran iklan. Penerima iklan yang dimaksud adalah penonton, bila iklan ditayangkan di media elektronik. Penerima iklan merupakan pembaca bila iklan tersebut ada di media cetak. Misalnya ; iklan sebuah lembaga bimbingan belajar, tentunya penerima atau sasarannya adalah siswa dan orang tua siswa, sedangkan iklan lowongan kerja penerimanya adalah pencari ķerja.

Efek adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima iklan, slogan, dan poster. Baik dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, atau pola hidup. Misalnya, setelah seseorang membaca poster atau iklan mengenai berkendara yang baik maka efek yang diharapkan adalah terjadi perubahan dalam bersikap.

Selain itu, perilaku, dan kebiasaan juga berubah, seperti dengan selalu memakai helm ketika berkendara, menggunakan sarung tangan dan sepatu yang lengkap, memiliki SIM dan STNK yang masih dalam masa berlaku, mematuhi peraturan di jalan raya dan sebagainya. Dengan iklan tersebut diharapkan berdampak pada kurangnya kecelakaan di jalan raya.

Umpan balik atau feedback adalah tanggapan atau reaksi yang dikehendaki dari penerima pesan. Misalnya; dengan membeli produk yang ditawarkan atau mengikuti program imunisasi MR.

 

Apa Saja Unsur-Unsur Pembentuk Iklan? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Apa Saja Unsur-Unsur Pembentuk Iklan?

02 min