Apa Saja Manfaat Bahan Konduktor?

Apa Saja Manfaat Bahan Konduktor?

Apakah kamu sering memperhatikan bagaimana sebuah setrika bisa berfungsi dengan baik ketika merapikan pakaian yang kusut? Hal tersebut karena adanya peran dari bahan konduktor. Apa itu dan apa saja manfaat bahan konduktor?

Barang-barang yang digunakan setiap hari banyak memanfaatkan bahan konduktor. Bahan konduktor yang mudah kita temukan di rumah adalah setrika. Setrika menggunakan bahan yang berasal dari benda jenis logam, yaitu besi. Benda logam adalah benda konduktor yang sangat baik, dan besi adalah jenis logam yang paling banyak digunakan sebagai peralatan rumah tangga.

Bahan konduktor adalah bahan yang dapat menghantarkan panas sangat baik. Oleh karena itu, banyak peralatan rumah tangga yang menggunakan energi panas menggunakan bahan konduktor.

Dilansir dari laman Wikipedia, konduktor adalah suatu material yang mudah menghantarkan arus listrik. Sifay hantarannya adalah memindahkam elektron-elektron dari satu titik kelistrikan ke titik kelistrikan lainnya secara mudah.

Kegunaan utama dari bahan konduktor ini adalah mengalirkan arus listrik. Penghantat listrik memiliki inti atom dengan elektron yang terikat secara lemah dan dapat bergerak secara bebas. Proses penghantaran listrik terjadi ketika material yang bermuatan positif dihubungkan dengan penghantar listrik.

Interaksi yang timbul ialah perpindahan elektron dari penghantar listrik ke material yang bermuatan positif. Pengaliran arus listrik secara mudah melalui penghantar listrik disebabkan kandungan muatan listrik mudah bergerak saat timbul medan listrik meski dalam jumlah yang sangat kecil.

Kendati demikian, pada alat setrika tidak semua bagian terbuat dari bahan konduktor, ada bagian juga yang terbuat dari bahan isolator yaitu plastik atau kain. Hal ini untuk mencegah mengalirnya panas ke tangan ketika menggunakannya. Sehingga kita bisa menggunakan setrika listrik dengan aman dan nyaman.

Contoh Bahan Konduktor

Selain setrika, ada banyak contoh bahan konduktor yang dimanfaatkan pada barang-barang rumah tangga, antara lain :

Alat-alat ini masuk dalam contoh bahan konduktor karena dapat menghantarkan panas yang berasal dari api ke minyak, makanan, atau air yang sedang dimasak.

Sama seperti panci, wajan juga termasuk bahan konduktor karena dapat menghantarkan panas yang berasal dari api.

Tutup panci yang terbuat dari kaca tergolong bahan konduktor. Meski begitu, kaca tidak sebaik logam dalam menghantarkan panas.

Alat kecantikan ini termasuk contoh bahan konduktor karena dapat memghantarkan panas dari listrik.

 

Apa Saja Manfaat Bahan Konduktor? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Apa Saja Manfaat Bahan Konduktor?

01 min